Senin, 22 Oktober 2012

Rahasia dibalik pusat data google 2012

Terungkap Rahasia Dibalik Pusat Data GooglePusat data atau data center Google merupakan jantung kehidupan bagi mesin pencarian nomor satu dunia. Tak hanya melayani Google Search, pusat data ini juga melayani situs video yang pasti sudah anda kenal yaitu Youtube. Mungkin untuk sebagian orang, Google sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas yang dilakukan setiap hari. Namun pernahkan anda bertanya-tanya, seperti apa mesin pencarian raksasa ini kalau dilihat dari dalam ? Untuk pertama kalinya baru-baru ini Google telah mempublikasikan foto yang memperlihatkan seperti apa gambaran pusat data yang mereka miliki. Dari foto-foto ini memperlihatkan betapa Google sangat memperhatikan setiap detil ruangan, pemanfaatan space yang maksimal serta pengorganisasian ruang yang nyaris tanpa cela. Tak heran kalau akhirnya Google mampu mencapai keberhasilan yang luar biasa. Dan yang membuat unik, pusat data ini juga dihiasi warna-warni dominan khas Google yaitu merah, kuning, biru dan hijau. Berikut foto-foto yang mengungkapkan rahasia dibalik pusat data Google.   
google-data-centers-1
"Ini adalah pipa warna-warni yang bertanggung jawab untuk membawa air masuk dan keluar dari pusat data kami di Oregon. Pipa biru pasokan air dingin dan pipa merah mengembalikan air hangat kembali untuk didinginkan. "

google-data-centers-2
"Melayang di atas lantai di Council Bluffs, Iowa, skala pusat data kami mulai terbentuk. Balok baja besar yang kokoh mendukung struktur dan membantu mendistribusikan kekuasaan. "

google-data-centers-3
"LED biru pada baris server memberitahu kami bahwa semuanya berjalan lancar. Kami menggunakan LED karena mereka hemat energi, tahan lama dan terang. "

google-data-centers-4
"Sebuah tampilan yang langka di lorong belakang server. Di sini ratusan kipas menyalurkan udara panas dari rak server ke sebuah unit pendingin untuk disirkulasikan. Lampu hijau adalah LED status server mencerminkan server depan kami. "

google-data-centers-5
"Ribuan meter dari pipa dibagian dalam pusat data kami. Kami cat pipa-pipa itu dengan warna-warna cerah bukan hanya karena itu menyenangkan, tetapi juga untuk menunjuk mana yang mana. Pipa pink cerah dalam foto ini misalnya, bertugas mentransfer air dari deretan chiller (unit hijau di sebelah kiri) ke menara pendingin luar. "

google-data-centers-6
"Lantai server seperti ini membutuhkan ruang besar dan daya yang efisien untuk menjalankan seluruh keluarga produk Google di seluruh dunia. Di sini, di Hamina, Finlandia, kami memilih untuk merenovasi sebuah pabrik kertas tua untuk mengambil keuntungan dari infrastruktur bangunan serta kedekatannya dengan perairan Teluk Finlandia untuk kebutuhan air pendinginan. "

google-data-centers-7
"Sebuah pandangan overhead dari salah satu pabrik pendingin kami, di mana air laut dari Teluk Finlandia seluruhnya mendinginkan pusat data yang ada."

google-data-centers-8
"Ini adalah pandangan lebih dekat dari backup tape rekaman di perpustakaan kami. Rekaman Masing-masing memiliki barcode yang unik sehingga sistem robot kami dapat menemukan yang tepat. "

google-data-centers-9
"Kami selalu memastikan pipa air bertekanan sangat tinggi ini selalu siap dalam kasus kebakaran. Air ini, khususnya, dibersihkan dan disaring sehingga jika kami menggunakannya tidak mengotori fasilitas. "

google-data-centers-10
"Pusat data Council Bluffs menyediakan lebih dari 115.000 kaki persegi ruangan. Kami membuat yang terbaik dari setiap incinya, sehingga Anda dapat menggunakan layanan kami seperti Google Search dan YouTube dalam cara yang paling efisien. "
Itulah rangkaian foto-foto yang Mengungkap Rahasia Dibalik Pusat Data Google. Semoga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selama ini berkutat di benak anda mengenai seperti apa tampilan pusat data center mesin pencarian Google Search Engine.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...