Rabu, 10 Oktober 2012

Cara Membuat Magnet

Cara Membuat Magnet - setelah sebelumnya IT blog membagikan tentang [Pengertian Magnet] dan [Jenis-Jenis Magnet] pada kesempatan update terbaru ini akan mengenal dan belajar cara membuat magnet.
Magnet dapat dibuat dari besi dan baja. Tetapi besi lebih mudah dijadikan magnet namun sifat kemagnetannya akan mudah hilang. sedangkan baja sukar dijadikan magnet tetapi sifat kemagnetannya tidak mudah hilang dibandingkan dengan besi.
Ada beberapa cara membuat magnet, yang akan diuraikan disini adalah sebagai berikut :
  1. Digosok dengan magnet lain secara searah.
  2. Induksi magnet.
  3. Magnet diletakkan pada kumparan kawat berbentuk tabung panjang dengan lilitan yang rapat (solenoida) dan dialiri arus listrik searah (DC).
Baiklah pertama kita akan uraikan cara membuat magnet sesuai yang IT Blog sebutkan diatas.

Cara Membuat Magnet

  • Digosok dengan magnet lain secara searah

Cara Membuat Magnet dengan di gosok
Cara ini dapat digunakan agar besi atau baja menjadi magnet. Jika di gosokan secara searah dengan teratur maka besi atau baja tersebut akan memiliki 2 kutub magnet yang saling berlawanan.

  • Induksi magnet.

Cara Buta Magnet Secara Induksi
Pembuatan magnet secara induksi maksudnya adalah seperti yang tertera dalam gambar diatas, bahwa ketika besi didekatkan dengan magnet tetapi tidak sampai menyentuh maka besi yang didekatkan tadi akan menjadi magnet. begitupun dengan baja.
Namun sifat kemagnetan pada besi akan cepat hilang, berbeda dengan baja yang sifat kemagnetannya ada namun hanya sebagian kecil saja.

  • Magnet dengan Arus Listrik
Magnet juga dapat di buat dengan menggunakan arus listrik,  arus listrik yang diperlukan adalah tegangan DC (baterai atau accu), kabel, dan batang besi atau baja. Silahkan mencoba dengan sebatang baja atau besi yang dililit kawat dan kemudian dialiri arus listrik searah, dan pasti baja atau besi tersebut akan menjadi magnet. Magnet yang dibuat dengan cara seperti itu disebut elektromagnetik atau magnet yang terbuat dari listrik.

Dibawah ini salah satu contoh video cara membuat maget :



Terimakasih telah berkunjung di terbaru5.blogspot.combaca juga artikel tentang magnet lainnya di [Pengertian Magnet] dan [Jenis-Jenis Magnet]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...