Monday, November 7, 2011

Jelajah ke masa lalu bersama aplikasi "Google Streetmap of History"!

Foto: inilah.com

Anda pernah melihat kota Monas atau jalan-jalan di Jakarta tempo dulu?. Dengan sebuah aplikasi dari Google yaitu "Google Streetmap of History", kini Anda dapat menjelajahi seluruh dunia di masa lalu.
Seakan mengembalikan memori serta kenangan Anda di masa lalu, "Google Streetmap of History" diyakini dapat "menghadirkan" saat-saat di masa lalu.

Gagasan "masa sekarang dan masa lalu" inilah yang membuat aplikasi "Google Streetmap of History" menempatkan Anda pada masa sekarang dan masa lalu dalam satu waktu. Kini Anda dapat memanfaatkannya untuk bisa kembali ke masa lampau dan melihat seperti apa kondisi suatu tempat di rentang 10, 20 atau bahkan 100 tahun lalu.

Berkat aplikasi ini, pengguna bisa "menempel" foto pada peta untuk mengetahui bagaimana dunia berubah sejak foto diambil dan membaca kisah di balik wilayah itu. Misalnya Anda dapat bisa melihat seperti apa Monas sebelum seperti saat ini dalam sebuah narasi.

CEO perusahaan nirlaba ‘We Are What We Do,’ Nick Stanhope, mengatakan, “Semua orang punya sejarah. Bisa dari 10 tahun lalu atau bahkan generasi lalu. Ada jutaan arsip lokal dan sejarah nasional di dunia yang bisa dibuka untuk global agar bisa dinikmati semua orang”.

Tak hanya itu, orang bisa belajar dari sejarah itu dan menggunakannya untuk membangun pemahaman yang lebih baik pada dunia, lanjutnya seperti dikutip dailymail. Sejauh ini, proyek ini terbilang sukses di mana lebih dari 600 ribu orang menggunakan situs ini tiap bulan dan 60.584 foto, video, klip audio dan kisah telah terunggah. Akses disini.


referensi: inilah.com

No comments:

Post a Comment