Tuesday, November 8, 2011

Sarkozy: "Saya tidak tahan dengan Netanyahu, dia pembohong"!

- Foto: Reuters.com -

"Saya tidak tahan dengan Netanyahu, dia pembohong!". Itulah ucapan yang terlontar dari mulut Presiden Prancis Nicolas Sarkozy kepada Obama yang mengatakan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu adalah "seorang pembohong". Peristiwa mengejutkan itu terjadi diruang Konferensi Tingkat Tinggi G-20 Minggu silam di Cannes.

Seperti diwartakan oleh Reuters, Selasa (8/11), "Saya tidak tahan dengan Netanyahu, dia pembohong," ungkap Sarkozy kepada Obama. Namun Ia tak menyadari bahwa mikrofon di ruang pertemuan telah diaktifkan. Akibatnya, wartawan di lokasi terpisah bisa mendengarkan percakapan.
Obama merespons ucapan Sarkozy. "Kau muak dengan dia, tapi aku harus berurusan dengannya bahkan lebih sering daripada Anda," jawab Obama, menurut juru bicara Prancis.
Percakapan itu awalnya tidak dilaporkan wartawan yang mendengar itu karena dianggap sebagai percakapan pribadi. Namun, sejak muncul komentar di situs Web Prancis dan dapat dikonfirmasikan oleh Reuters maka pembicaraan itu jadi menyebar luas ke media.

Tidak jelas persis mengapa Sarkozy mengkritik Netanyahu. Namun, sebagian besar diplomat Eropa menyalahkan Israel atas gagalnya kesepakatan pembicaraan damai di Timur Tengah dan Palestina. Mereka juga menyatakan kemarahan atas persetujuan Netanyahu dalam pembangunan pemukiman di Tepi Barat.

No comments:

Post a Comment