Friday, November 11, 2011

Pejabat Inggris: "Perang Israel VS Iran paling lambat Januari 2012"


Provokasi atas Iran oleh Israel dan sekutu terus terjadi. Kali ini tampaknya lebih serius. Pejabat tingkat tinggi di pemerintahan Inggris mengklaim dia punya informasi soal kapan Iran bakal diserang.

"Israel kemungkinan menyerang lokasi nuklir Iran setidaknya dua bulan ke depan," demikian sumber yang minta identitasnya dirahasiakan itu, seperti dikutip harian Haaretz.

Menurut dia, ada konsensus yang mengetahui kalau Israel akan menghancurkan, atau minimal merusak fasilitas nuklir Iran. Perusakan itu dibantu oleh logistik dari Amerika Serikat. Demikian Daily Mail melaporkan.

Sumber lainnya, pejabat senior di lingkungan Kementerian Luar Negeri Inggris, mengatakan sejumlah menteri di kabinet Inggris tahu rencana ini. Bahwa Israel menyerang Iran untuk mencegah negara itu memiliki teknologi senjata nuklir yang bisa mengancam hegemoni Israel di Timur Tengah.

"Mereka tahu, kemungkinan rencana ini bakal berjalan lebih cepat dari yang dijadwalkan. Kami kira sekitar akhir Desember atau awal Januari 2012 (serangan ke Iran)," demikian si sumber mengatakan.

Menlu Inggris, William Hague, setelah membaca laporan Badan Atom Internasional yang memeriksa Iran, mengatakan laporan itu mendiskreditkan Iran. Bahwa Iran, menurut Badan Atom, bisa mengembangkan teknologi nuklir sipilnya menjadi teknologi militer.

Dalam laporan itu disebutkan Iran terus menerus mencoba teknologi nuklirnya untuk menjadi senjata sejak 2003. Atas hal ini, Inggris mengusulkan agar Iran kena embargo ekonomi.

Namun harian The Independent mengingatkan, media kerapkali dimanfaatkan oleh pemerintah untuk merakayasa berita tertentu, seperti berita soal Iran ini. Bahwa ada informasi yang memang sengaja dihembuskan atau dilebih-lebihkan untuk mendukung rencana pemerintah atau si pemberi informasi.

yahoo

No comments:

Post a Comment