Selasa, 16 Oktober 2012

Inilah Tips Untuk Menghilangkan Energi Negatif


Loading image...

Inilah Tips Untuk Menghilangkan Energi Negatif Anda tak sedang sakit, tetapi energi-energi negatif sedang merajai diri Anda. Mulai dari rasa lelah, marah, kembung, stres, atau lainnya mengganggu produktivitas kerja Anda. Apa yang bisa Anda lakukan untuk mengusir perasaan-perasaan tak nyaman itu? Berikut ini di antaranya:

Kurangi garam
Merasa kembung atau retensi air? Garam adalah salah satu penyebab utamanya. Terlalu banyak mengkonsumsi garam bisa menyebabkan retensi air, plus bisa menimbulkan risiko tekanan darah tinggi. Kurangi garam dengan memilih makanan sehat dan segar yang tidak dikemas dalam kaleng maupun yang melalui pemrosesan, lalu mulailah bereksperimen dengan bumbu lain, seperti bubuk kari, bawang putih, jinten, atau rosemary untuk bantu menambah rasa. Selain menambah pengetahuan seputar kuliner, Anda juga akan merasa lebih enerjik.

Naik-turun tangga
Saat Anda merasa marah atau stres, amat mudah untuk tergoda mengambil makanan manis, merokok, atau menenggak segelas kopi manis untuk “menelan” perasaan itu. Tapi, seperti Anda ketahui, hal itu semua tidak baik untuk kesehatan bila berlebihan. Cara ideal untuk mengatasinya? Berolahraga. Kali lain Anda merasa stres atau marah, cobalah untuk naik-turun tangga satu-dua laintai atau jalan di sekitar kantor. Studi mengutarakan, berjalan kaki 10 menit bisa mendorong kekuatan mental.

Hindari makanan yang diproses
Sering mengatasi stres dengan makanan? Dalam keadaan tegang, Anda mungkin akan memilih “makanan penenang” (comfort foods) ketimbang buah-buahan dan sayuran. Namun, saat energi dari karbohidrat dan gula bercampur dan berproses di dalam tubuh, Anda malah merasa kelelahan. Plus, kalori ekstra bisa dengan cepat menambah berat badan Anda, artinya peningkatan masalah kesehatan. Karenanya, saat Anda merasa cemas, tak usah hiraukan godaan dari makanan-makanan manis itu. Coba kunyah apel atau ambil napas dalam sekitar 10 kali.

Tidur cantik
Hilangkan lingkaran hitam di bawah mata dengan beristirahat dengan cukup. Para ahli merekomendasikan agar kita tidur sekitar 7-8 jam per hari untuk mengisi ulang energi dan menurunkan stres. Merasa kesulitan untuk tidur? Jangan minum kafein kelewat sore. Hindari pula berolahraga sekitar 2 jam sebelum waktu tidur. Ciptakan lingkungan tidur yang khusus untuk tidur, tak ada komputer, televisi, atau pengalih perhatian lainnya.

Keluar dari rutinitas
Coba lakukan sesuatu yang baru untuk diri Anda, misal, mengganti gaya rambut, mencari rute ke kantor atau pulang yang berbeda, hal-hal semacam ini bisa membuat penampilan dan mood Anda lebih baik. Fokuskan pada satu atau dua hal yang simpel untuk dikerjakan untuk memastikan kesuksesannya.

Berjalan kaki
Anda tak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di gym, bahkan sedikit pergerakan saja sudah bisa membantu Anda terkoneksi dengan tubuh dan membantu mendulang energi. Berjalan kaki sejenak mengelilingi lokasi kerja bisa membantu mencerahkan pikiran, dan olahraga yang mengikutsertakan meditasi, seperti yoga dan tai chi bisa mengisi ulang tenaga untuk pikiran dan tubuh.

Serat lebih banyak
Serat bisa membantu Anda merasa kenyang lebih cepat sehingga Anda akan menahan diri untuk makan dan mengurangi berat badan. Cukup serat juga membantu memperlancar buang air besar dan baik pula untuk jantung. Jadi, ketika Anda mengkonsumsi lebih banyak serat artinya berkurang hal-hal yang bikin stres. Kabar baiknya, serat datang dalam berbagai bentuk, mulai dari oatmeal, roti gandum utuh, dan sereal, serta buah-buahan, seperti apel, sitrus, stroberi, juga sayuran.

Berfokus pada kekinian
Menyadari di mana Anda, dan apa yang sedang Anda lakukan, biasa disebut dengan “minfulness”, menyerap apa yang Anda rasa di kelima indera bisa membantu menenangkan diri ketimbang mengkhawatirkan apa yang masih ada di depan. Lepaskan pikiran tentang masa lalu atau apa yang akan terjadi di masa depan, dan berfokuslah pada masa sekarang. Bagaimana rasa angin yang berembus pada kulit Anda? Bagaimana rasa aspal yang Anda jejak? Jika pikiran Anda melanglang, kembalikan ke keberadaan Anda sekadang dan fokus.

Hubungi dokter
Kita semua bersalah atas hal yang satu ini, ketika pening yang kita rasa berbulan-bulan, sakit pada pundak, atau batuk tak berkesudahan itu masih menghinggapi kita, tetap saja kita tidak memeriksakannya. Masalah kesehatan yang berulang dan menetap benar-benar bisa menyerap vitalitas seseorang. Yang bisa Anda lakukan adalah temui dokter untuk memeriksakan keadaan Anda. Jika Anda sudah lama tidak bertemu dokter, buatlah jadwal sesegera mungkin.

Isi kepala
Kadang jawaban dari mengatasi masalah yang mendekam di kepala Anda adalah dengan mengambil jalan lain. Bentangkan pikiran Anda lebih luas dengan mendapatkan ilmu baru, “Saya paling suka mencari tahu banyak ilmu tentang presentasi dengan mendengarkan dan membaca presentasi orang-orang terkemuka, seperti pemilik Apple, Steve Jobs, dan lainnya,” saran Yoris Sebastian, pengarang buku Creative Junkies mengenai caranya melepaskan diri dari kepenatan sekaligus menambah ilmu. Bisa pula dengan cara mengisi teka teki silang, bergabung dengan klub-klub baru, atau membeli buku-buku baru (tentu dibaca, jangan hanya dibeli). Atau, cara lainnya adalah dengan melakukan hobi baru yang membuat Anda aktif secara mental dan fisik, entah itu berkebun atau mendaki bukit.

unic29.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...