Minggu, 07 Oktober 2012

Ajaib! Pulau Ini Bisa Berpindah-pindah




Groningen - Siapa sangka, ada sebuah pulau yang ternyata bisa berpindah-pindah dengan posisi yang tak pernah sama setiap tahunnya. Kejadian ini bisa Anda lihat langsung di Pulau Schiermonnikoog, Belanda. Penasaran?

Adalah Schiermonnikoog, pulau unik di Negara Kincir Angin yang disebut-sebut bisa berpindah-pindah alias bergerak. Tidak percaya? Hasil pengamatan ternyata menyatakan kalau 762 tahun lalu, pulau ini memiliki posisi 2 km ke arah utara dari posisi hari ini.

Usut boleh usut, ternyata perpindahan pulau kecil yang memiliki panjang 16 km dan lebar 4 km ini disebabkan oleh pasang surut angin laut. Tidak sampai di situ, pulau ini ternyata juga mengalami perubahan bentuk.

Kalau dihitung secara matematika, Pulau Schiermonnikoog rutin terkikis sebanyak 2,62 meter setiap tahunnya. Penyebabnya pun sama karena gejala alam, yaitu terkikis air laut.

Terlepas dari keunikan itu semua, Pulau Schiermonnikoog asyik dikunjungi para traveler, terutama yang mencari ketenangan. Betapa tidak, pulau ini hanya memiliki satu desa yang namanya pun sama dengan sang pulau, yaitu Schiermonnikoog. Jumlah penduduknya pun sedikit, hanya 1.000 orang.

Sepertinya, berlibur ke Schiermonnikoog memang menjadi salah satu tempat liburan para traveler dunia. Setiap tahunnya, pulau ini dikunjungi hingga 300.000 turis. Wow!

Masuk ke dalam, Anda langsung dihadapkan dengan jalanan yang kosong, hampir tidak terlihat ada mobil yang wara-wiri. Datarannya lebih didominasi oleh tumbuhan hijau, dan lepas pantai dengan pasir putih. Inilah incaran para turis.

Biasanya, mereka datang menggunakan feri yang tersedia untuk dari Pelabuhan Lauwersoog di Provinsi Groningen menuju Schiermonnikoog. Waktu tempuh pun tidak terlalu lama, yaitu hanya 45 menit.

Tak perlu kuatir soal penginapan, Pulau Schiermonnikoog memiliki sekitar 15 hotel dan banyak homestay untuk dikunjungi. Semua tinggal disesuaikan selera dan budget Anda.

Berikut fotonya :


Menara di dalam pulau


Daratan Schiermonnikoog


Pantai yang menarik banyak wisatawan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...