Selasa, 09 Oktober 2012

9 Oktober Adalah Hari Surat Menyurat Internasional


9 Oktober Adalah Hari Surat Menyurat InternasionalIya, memang surat sudah lama tergantikan oleh telepon, SMS, email, Facebook bahkan twitter. Tapi tahu nggak kalau ada Hari Surat Menyurat Internasional? Oh, ada ya? Yup, tentu saja ada, kawan. Nah, Hari Surat Menyurat Internasional atau World Post Day ini dirayakan setiap tanggal 9 Oktober lho. Yuk, kita bahas bersama tentang World Post Day.

Surat menyurat mempunya makna dan sejarah yang panjang dalam peradaban manusia. Tradisi surat menyurat sudah ada sejak zaman beribu-ribu tahun yang lalu. Kegiatan surat-menyurat pertama di dunia sudah dimulai di Mesir pada 2000 SM. Saat itu, surat ditulis pada sebuah mangkuk, papirus, atau pun kain linen, kemudian dibungkus dengan kain, kulit binatang, atau sayuran, untuk dikirim, kawan.


Nah, di Indonesia sendiri tradisi surat-menyurat sudah ada sejak zaman kerajaan. Pada watu itu, surat ditulis di atas batu, kayu, atau kertas yang terbuat dari kulit bambu. Mengirim surat tambah berkembang setelah Belanda datng ke Indonesia.

World Post Day atau popular dengan nama Hari Korespondensi lahir pada tanggal 9 Oktober 1874 yang sekaligus merupakan tanggal pendirian Serikat Pos Dunia (Universal Post Union – UPU). Sekarang sudah lebih dari 180 unit pos negara tergabung dalam serikat ini.

Biasanya di Hari Surat Menyurat Internasional ini ada banyak diadakan kegiatan untuk merayakannya. Hampir seluruh kantor pos di dunia akan menerbitkan perangko khusus yang unik dan limited edition. Untuk orang-orang yang hobi mengumpulkan perangko yang akrab disebut filateli, pasti akan ramai-ramai berburu perangko eksklusif. Hehehe.  

Nggak hanya itu, Universal Post Union (UPU) yang bekerja sama dengan UNESCO, juga menyelenggarakan kompetisi menulis surat untuk remaja. Kompetisi ini bertujuan memberikan penjelasan betapa pentingnya pos dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Ayo kita populerkan lagi tradisi surat menyurat agar terus terjaga dan nggak hilang. Selamat Hari Surat Menyurat Internasional!

ekspresi remaja.suaramerdeka


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...