Sabtu, 23 Juni 2012

Tips jitu menangkap tikus dengan kaleng "lembah kematian"

Jangan keburu takut dengan hanya membaca judulnya saja karena ini hanyalah tips dan trik jitu menangkap tikus dengan kaleng bekas. Mungkin bisa berguna buat sebagian orang terkecuali bagi anda yang memang penyayang binatang, terutama binatang pengerat ini ☺. Artikel ini memang masuk kedalam kategori BO alias "Bimbingan Orang Tua" karena beberapa gambar pada artikel ini memang sedikit agak bernuansa "seram dan horor", jadi alangkah bijaksananya jika anda mendampingi putra-putri anda dalam menyaksikan tayangan-tayangan di blog terbaru5.blogspot.com ini, hehehe.

Oke, jadi apa itu tips jitu menangkap tikus dengan kaleng "lembah kematian"?. Kaleng lembah kematian ini adalah salah satu trik membuat perangkap tikus dengan menggunakan beberapa bahan-bahan sederhana yang biasanya mudah didapatkan dirumah. Dan hebatnya lagi, dengan menggunakan metode ini anda dapat membunuh banyak tikus hanya dengan satu alat dan bisa dipakai berkali-kali. Tentu cara ini akan jauh lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan lem tikus atau perangkap tikus konvensional yang harus diganti setiap kali ada tikus yang terperangkap. Nah, lalu apa saja bahan-bahan untuk membuat perangkap lembah kematian ini dan bagaimana cara kerjanya akan saya jelaskan langkah demi langkahnya.

Yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan untuk membuatnya:
1. Ember / kaleng yang memiliki ukuran yang cukup besar (contoh: kaleng bekas cat tembok atau ember).
2. Kaleng aluminium kecil (contoh: kaleng minuman soda).
3. Papan kayu / tripleks tipis.
4. Paku dan lem.
5. Batang besi silinder kecil yang berukuran lebih panjang sedikit dari diameter kaleng / ember besar
6. Umpan, cari yang dapat dioles seperti selai atau apapun cemilan kegemaran tikus yang bisa ditempelkan pada kaleng dengan menggunakan lem (lebih baik dengan menggunakan lem tikus karena tidak berbau).

Perangkap tikus kaleng "lembah kematian"
Cara pembuatan:
Pertama-tama lubangi kedua sisi kaleng di bagian atas dan bawahnya kemudian tusukan besi silinder tersebut dengan juga melubangi ember. Besi silinder berfungsi sebagai as yang akan berputar saat tikus melompat ke kaleng. Tempatkan triplek atau papan kayu seperti bentuk papan loncat pada kolam renang, tentunya dengan mengarahkan tepiannya menuju ke kaleng. Olesi kaleng dengan lem tikus dan rekatkan umpan atau selai. Yang perlu diperhatikan adalah penempatan dari perangkap ini. Letakkan perangkap ini di tempat-tempat yang biasanya menjadi "jalan protokol" tikus.

Sistem kerja:
Tikus akan tertarik dengan umpan dan akan melewati papan kayu tersebut. Karena terpengaruh oleh aroma umpan yang sangat lezat dan tentu saja binatang rakus ini memang paling sulit menerima "traktiran" gratis, tikus pun akhirnya melompat ke atas kaleng. Kaleng yang telah diolesi oleh lem akan membuat tikus ini menempel dan berguling ke bawah. Karena lem tikus sifatnya elastis, maka perlahan-lahan akan melepaskan tikus dengan posisi terbalik ini dan menjatuhkannya kedalam ember. Nah, untuk lebih efektif lagi anda bisa menggunakan oli bekas atau minyak goreng dan bahkan air agar tikus tidak bisa memanjat keluar dinding ember dan tetap terperangkap di dalam.

Itulah sedikit tips jitu menangkap tikus dengan kaleng "lembah kematian" pada posting kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan bisa mengurangi jumlah populasi binatang pengerat ini di rumah anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...