Rabu, 06 Juni 2012

Posisi Tubuh Yang Benar Saat Menghadap Komputer



Di zaman yang maju akan teknologi seperti ini, Anda pasti sering menghabiskan waktu di depan layar komputer, entah itu untuk bekerja atau sekedar bermain-main. Demi menghindari sakit punggung atau nyeri leher, ada baiknya Anda pun menyimak cara duduk yang tepat saat menghadap komputer seperti yang dilansir dari Health Me Up(04/06) berikut ini.

Manfaat duduk dengan benarKetika postur tubuh Anda sudah benar saat duduk di depan komputer, maka kinerja otot akan menjadi lebih maksimal dan menghindarkan kelelahan dini atau sakit punggung dan nyeri leher. Setidaknya, ada tiga langkah yang perlu Anda lakukan untuk memastikan duduk dengan benar saat menatap layar komputer. 
  • Pertama, duduklah dengan tegak dalam keadaan punggung lurus dan pundak yang stabil. Bagian punggung bawah idealnya bersentuhan dengan bagian belakang kursi.
  • Kedua, Anda bisa menggunakan bantal kecil untuk membantu lekuk tubuh normal Anda di bagian belakang. 
  • Ketiga, posisi kaki sebaiknya tidak terlalu tinggi atau rendah dan ditekuk. Pastikan posisi mata bisa menatap lurus ke arah layar komputer. Sementara itu, tangan yang Anda gunakan untuk memainkan mouse atau mengetik juga disarankan agar tetap lurus dan tidak menganggu posisi duduk.
Istirahat itu pentingHindari duduk dalam posisi yang sama selama lebih dari 30 menit. Anda bisa melakukan senam leher atau melakukan stretching sederhana demi menghindari nyeri punggung dan leher. 
Meskipun Anda duduk sambil bersandar, pastikan posisi Anda tetap tegak agar tidak menyebabkan nyeri pada bagian punggung atau leher dan membuat Anda tidak nyaman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...