Jumat, 22 Juni 2012

5 Istilah dalam dunia SMS di Indonesia

5 Istilah dalam dunia SMS di Indonesia - di Indonesia Ada terdapat begitu banyak istilah dalam dunia sms yang mungkin sebagian belum paham apa maksudnya, kali ini kita akan coba menuliskan lima istilah dalam dunia sms :
5 Istilah dalam dunia SMS di Indonesia

5. SMS Masking
SMS Masking adalah fitur untuk mengirim SMS namun yang diterima di handphone pengirimnya berupa nama, bukan nomor handphone seperti biasa. SMS Masking atau istilah lain SMS Sender ID hanya bisa dikirim melalui internet, tidak bisa langsung dari handphone biasa, dan juga harus membeli token atau kredit sms masking,
4. SMS 2.o dan XpressiveSMS
SMS 2.0 merupakan fitur sms dari telkomsel, dengan fitur ini smsan menjadi lebih asyik dengan adanya warna latar belakang, emotikon, huruf berwarna, dsb. fitur sms seperti ini juga dimiliki XL namun beda nama saja, di XL disebut XpressiveSMS
3. USSD
USSD (Unstructured Supplementary Service Data) digunakan oleh operator dan CP (Content Provider) untuk memberikan fasilitas mengirim sms dengan cepat hanya dengan menekan angka2 tertentu. misalnya utk cek pulsa *123# itu dinamakan USSD, atau CP memberikan panduan utk berlangganan konten dengan menekan *1234*56#
2. SMS Flash
SMS flash adalah sms yang tidak bisa disimpan, jadi kalo kita mendapatkan sms flash begitu klik sembarang tombol akan hilang dengan sendirinya, contoh sms seperti kalo cek pulsa. namun ada beberapa hp canggih yg ada fitur untuk menyimpan sms tersebut misalnya hp blackberry.
SMS ini kadang digunakan misalnya untuk sms kampanya yang dikirimkan 3 hari menjelang hari H Pilkada, karena hari h-3 sebenarnya tidak boleh lagi ada aktifitas kampanye, maka tim sukses mengirim sms flash dengan tujuan agar sms tidak bisa disimpan, khawatir dijadikan bukti pelanggaran kampanye dimasa tenang.
1. SMS Panjang
sms panjang, yaitu sms lebih dari 160 karakter, spasi juga dihitung sebagai 1 karakter, bila sms lebih dari 160 karakter maka dianggap 2 sms atau lebih, walau saat kirim dari hp hanya 1 sms namun bila lebih dari 160 maka pulsa akan berkurang 2 pulsa sms atau lebih. jumlah maksimal karakter adalah 300 karakter, kenapa tidak 320 karakter? karena 2o karakter digunakan sebagai sms penyambung antara sms pertama dan kedua.
bila anda menerima sms panjang dari hp jadul, maka akan menerima lebih dari 2 sms, namun bila pake hp produksi terbaru maka sms sepanjang apapun bisa dibaca menjadi 1 sms panjang.
sumber:http://smsgratis.web.id/istilah-dalam-dunia-sms-di-indonesia/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...