Saturday, February 11, 2012

Whitney Houston Meninggal Dunia di Usia 48 Tahun

- Whitney Houston semasa hidup -
Penyanyi dan aktris kenamaan Amerika Serikat Whitney Houston meninggal dunia di usia 48 tahun di Los Angeles, Minggu (12/2) dini hari waktu Indonesia. Berita kematian artis yang terkenal dengan hits-nya yang berjudul "I Will Always Love You" yang sekaligus juga menjadi soundtrack dalam film The Bodyguard ini tutup usia di sebuah kamar di Hotel Beverly Hilton.

Jenazah Whitney ditemukan di sebuah hotel di Beverly Hills dan sejauh ini penyebab kematiannya belum diketahui.
"Pada pukul 15.55 Whitney Houston dinyatakan meninggal dunia di Hotel Beverly Hilton," kata juru bicara kepolisian Los Angeles Mark Rosen.
Meninggalnya praih enam kali Grammy Award itu dibenarkan seorang juru bicara keluarganya seperti dikutip Reuters. "Sayangnya berita itu (meninggalnya Houston) benar," kata juru bicara itu. Whitney Houston hingga saat ini dianggap sebagai salah satu penyanyi perempuan paling sukses di dunia.

Dia menelurkan sejumlah hits termasuk I Will Always Love You dan Saving All My Love For You yang sukses di seluruh dunia. Namun belakangan karier cemerlangnya meredup seiring dengan kegagalan pernikahannya dengan penyanyi rap Bobby Brown.

Kabar meninggalnya Whitney Houston ini dikhawatirkan akan mempengaruhi pagelaran Grammy Award yang dijadwalkan pada Minggu (12.2) malam waktu Amerika.

Musik Gospel

Whitney Houston yang selama karirnya menjual lebih dari 170 juta kopi itu berawal dari musik-musik soul dan gospel alias lagu-lagu gereja. Bakat bernyanyinya menurun dari sang ibu Cissy Houston yang adalah penyanyi gospel kenamaan di masanya. Whitney juga adalah sepupu penyanyi Dionne Warwick dan putri baptis salah seorang penyanyi perempuan legendaris, Aretha Franklin.

Dibesarkan di New Jersey, Whitney kemudian mulai bernyanyi di gereja dan klub-klub malam New York. Dia juga sempat menjadi foto model sebelum suara emasnya menggerakkan Arista Records untuk mengontraknya. Di puncak karirnya pada dekade 1980-an hingga 1990-an, Whitney meraih berbagai penghargaan dan kesuksesan baik dalam single ataupun album-albumnya.

Kritikus musik Paul Gambaccini kepada BBC mengatakan para penyanyi seperti Christina Aguilera hingga Mariah Carey mencoba menyaingi penampilan Whitney tapi mereka gagal. Tak hanya di dunia musik, Whitney juga sempat mencicipi kesuksesan karir di layar perak melalui film Bodyguard yang dia bintangi bersama Kevin Costner dan Waiting to Exhale.

Beberapa tahun terakhir, Whitney diketahui mengonsumsi obat-obatan terlarang dan kebiasaannya ini menghancurkan salah satu penyanyi terbaik dunia itu.

"Setan terbesar adalah diriku sendiri. Saya adalah kawan atau musuh terbaik diri saya sendiri," kata Whitney ketika diwawancarai wartawan ABC Diane Sawyer pada 2002 lalu.

Meninggalnya diva musik Amerika, Whitney Houston, menimbulkan keterkejutan dan penyesalan mendalam kalangan industri musik dunia. Apalagi Whitney, meninggal dalam usia baru 48 tahun di Los Angeles, sebelumnya sudah mencoba untuk kembali ke panggung musik setelah bertahun-tahun terpuruk jeratan obat bius.

Kerabat dan rekan seprofesinya menyatakan ungkapan duka-cita mereka melalui pesan di internet dan media, diantaranya adalah:

Mariah Carey, penyanyi
Hati saya hancur dan air mata berlinangan dengan kabar meninggalnya sahabat saya, whitney Houston yang tak tertandingi. Dia tak akan pernah terlupakan sebagai salah satu suara terhebat yang pernah terdengar di muka bumi

Quincy Jones, penyanyi dan produser musik
Hati saya benar-benar hancur mendengar berita meninggalnya Whitney... Saya selalu menyesal kenapa belum pernah mendapat kesempatan bekerja sama dengannya. Dia benar-benar sosok bakat sejati tanpa tanding. Saya akan sangat merindukannya.

Christina Aguilera, penyanyi
Kita kehilangan satu lagi legenda. Cinta dan doa untuk keluarga Whitney. Dia akan sangat dirindukan.

Gloria Estefan, penyanyi
Whitney selalu sangat manis pada saya! (Saya) selalu mendukungnya sepanjang perjuangannya! Sangat disayangkan... Saya sangat sedih mendengar hal ini!

Simon Cowell, produser
Dia adalah legenda. Mereka ini tidak sering ada. Tak ada yang bisa menjual lagu seperti Whitney... dan mendengar berita ini, benar-benar sangat membuat saya sedih.

Barry Manilow,penyanyi
Saya tidak percaya Whitney sudah tiada. Duka-cita untuk keluarganya, untuk Clive (Davis, produsernya), dan semua orang yang tahu dan mencintai artis yang luar biasa dan sangat berbakat ini. Saya akan selalu memujanya.

Smokey Robinson, penyanyi dan produser
Saya sudah kenal Whitney sejak dia masih bocah dan saya menyayanginya. Dia seperti anggota keluarga buat saya. Saya akan sangat merindukannya.

Ricky Martin, penyanyi
Istirahat dalam damai Whitney Houston. Kukirim cinta dan simpati terdalam untuk keluarga dan para sahabatnya.

Pendeta Al Sharpton, pegiat HAM
Pada pagi menjelang (penyerahan penghargaan) Grammy, dunia harus jeda sejenak dan berdoa untuk mengenang sesosok biduan berbakat.

Tony Bennett, penyanyi
Sebuah tragedi. Whitney Houston sadalah penyanyi terhebat yang pernah saya dengar dan dia benar-benar akan selalu dirindukan.

Spike Lee, sutradara film
Tuhan memberkati almarhumah. Whitney Houston istirahatlah dalam damai. Dia baru semuda 48 tahun.

Berita yang cukup menghebohkan ini kemudian menjadi trending topic dan pemberitaan di beberapa situs-situs berita di dunia termasuk Indonesia.


bbc.co.uk

No comments:

Post a Comment