Jumat, 24 Februari 2012

Temaram Gua Buatan Terbesar di Asia Tenggara

Gua buatan yang menembus bukit di kawasan Purwakarta Jakarta Barat masih terlihat temaram, Selasa lalu. Lorong panjang dengan lampu tidak cukup mencolok akan menemani anda memasuki gua buatan untuk instalasi PLTA Cirata. Tidak mudah memasuki kawasan ini tanpa izin khusus. Lihat yukss..
Temaram Gua Buatan Terbesar se-Asia Tenggara
Lorong panjang sekitar 200 meter dibuat menembus bukit sebagai bagian dari instalasi vital PLTA Cirata, Jawa Barat. Inilah salah satu peninggalan Orde Baru yang masih dirasakan manfaatnya hingga kini.
Temaram Gua Buatan Terbesar se-Asia Tenggara
Unit Pembangkitan (UP) Cirata mengoperasikan Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA) menggunakan energi air dari waduk (danau) Cirata yang bersumber dari aliran sungai Citarum di Jawa Barat. Air dari bendungan akan dialirkan melalui kanal khusus menembus bukit yang telah dipasangi tubin dan generator.

Temaram Gua Buatan Terbesar se-Asia Tenggara
Lorong instalasi ini diresmikan tahun 1987 dan mulai beroperasi setahun kemudian. Nilai investasi yang diperlukan saat itu mencapai Rp 15 triliun.

Temaram Gua Buatan Terbesar se-Asia Tenggara
Saat ini, PLTA terbesar di Asia Tenggara ini dikelola oleg PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB). Sehari-hari, 252 karyawan mengoperasionalkan PLTA ini.

Temaram Gua Buatan Terbesar se-Asia Tenggara
Air merupakan sumber energi utama yang kami gunakan untuk memutar turbin pembangkit tenaga listrik sebanyak 8 unit. Oleh karena itu dibangun Waduk Cirata seluas 62 Km2 dengan elevasi muka air banjir 223 m, elevasi muka air normal 220 m dan elevasi muka air rendah 205 m, sehingga volume air waduk 2.165 juta meter3 dan efektif waduk 796 juta m3. sumber 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...