Minggu, 26 Februari 2012

Wajah Macho Pertanda Kesehatan Baik?

Tak salah bila seorang wanita menyukai pria tampan dan macho, seperti Brad Pitt atau George Clooney. Riset terbaru menunjukkan bahwa penampilan macho menandakan kesehatan yang baik dalam diri seorang pria.Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Nature ini menunjukkan bahwa pria yang memiliki penampilan fisik yang lebih keren ternyata memiliki kadar hormon seks testosteron yang tinggi dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.
Untuk membuktikannya, penelitian yang dipimpin oleh Fhionna Moore dari Abertay University di Inggris merekrut 74 pria berusia 20 tahunan dan meminta mereka mengumpulkan sampel darahnya sebelum diberi vaksin Hepatitis B dosis pertama. Vaksin ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang berfungsi melawan virus. Kemudian, peneliti mengukur kadar antibodi, testosteron dan hormon stres kortisolnya.
Peneliti juga merekrut 94 wanita yang juga berusia awal 20 tahunan dan meminta mereka menilai daya tarik dari foto setiap pria dari skala 1-10 poin. Selanjutnya, peneliti mencari hubungan antara respon imun yang diukur dengan antibodi Hepatitis B, tingkat hormon testoteron dan daya tarik para pria.
Peneliti menemukan bahwa kadar testosteron yang tinggi berhubungan dengan wajah yang tampan dan kuatnya respons kekebalan tubuh. Pria yang memiliki sistem imun paling kuat dinilai lebih tampan daripada pria yang memiliki imun yang lemah.
Tak hanya itu, peneliti juga menemukan hubungan antara testosteron dan wajah tampan paling kuat ditemui pada pria yang memiliki hormon stres kortisol yang rendah. Hal ini menunjukkan bahwa stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan mempengaruhi penilaian daya tarik oleh wanita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...