Selasa, 07 Februari 2012

Perilaku "One Night Stand" Dipengaruhi Gen

Perilaku one night stand atau cinta satu malam ternyata dipengaruhi oleh gen. Gen itulah yang membuat seseorang berani bertindak dan mengambil risiko melakukan one night stand.
Ahli ilmu biologi evolusioner dari State University of New York, Justin Garcia mendapati kalau gen DRD4 adalah biang keladi mengapa seseorang hobi melakukan one night stand. Gen ini berpengaruh terhadap salah satu sel kimia otak, yakni dopamine.

Dopamine sendiri berperan memberi kenikmatan dan memberi motivasi kepada seseorang. Termasuk memberi motivasi dan kesenangan untuk melakukan one night stand.
Setidaknya ada tiga elemen yang dikeluarkan dopamin yang bekerja pada gen DRD4 yaitu berani mengambil risiko tinggi, adanya kesenangan yang didapat, dan motivasi penghargaan lainnya.
Justin mencurigai DRD4 bukan tanpa alasan. Lewat penelitian yang melibatkan 180 pria dan wanita, ditemukan kalau orang yang memiliki gen DRD4 lebih senang untuk melakukan cinta satu malam alias cenderung tidak setia.

“Dengan demikian bisa dijelaskan mengapa tak semua orang suka melakukan one night stand. Sebab perilaku ini memang dipengaruhi oleh gen. Jadi tak semua orang suka dengan hal ini,” ucap Justin seperti dikutip dari situs Time.

Meski demikian Justin tidak menuding semua orang yang memiliki gen DRD4 adalah tukang selingkuh atau pecinta one night stand.

“Gen DRD4 memang berpengaruh. Tapi lingkungan juga turut andil membuat seseorang jadi tukang selingkuh,” imbuh Justin.

[sehatnews.com]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...