Minggu, 05 Februari 2012

5 Cara Mengubah Karir di Usia Muda

karir

Ketika memiliki pekerjaan pertama kali, mungkin pada awalnya Anda merasa sangat senang dan berpikir tugas yang dikerjaan sesuai dengan keinginan Anda. Namun, seiring berjalannya waktu, Anda ingin mendapatkan tantangan lebih dan merasa kurang puas di kerjaan tersebut.

Jika Anda adalah salah satu dari banyak orang yang belum begitu yakin tentang karir yang dipilih, jangan khawatir karena Anda belum terlambat. Anda masih muda dan memiliki banyak waktu untuk mengubah karir. Anda juga masih bisa berjuang untuk mencapai karir atau cita-cita yang ingin dicapai selama ini. Seperti dikutip dari How To Do Things, terdapat lima cara yang bisa lakukan untuk mengubah karir di usia 20-an:

1. Menilai Diri Sendiri
Pertama-tama yang harus Anda lakukan ketika Anda berada dalam situasi seperti ini yaitu dengan menilai diri sendiri. Pikirkan sebenarnya hal apa yang membuat Anda merasa tidak suka dan nyaman berkarir di tempat Anda bekerja saat ini. Ada baiknya jika Anda menulis positif dan negatifnya dari situasi yang Anda hadapi. Hal tersebut untuk mempermudah Anda memutuskan apa yang Anda inginkan secara tepat.

2. Rencanakan Karir yang Baru
Jika Anda benar-benar memutuskan untuk mengubah jalur karir Anda, sekarang saatnya untuk merencanakan langkah atau tindakan Anda untuk karir yang baru. Tanyakan pada diri sendiri pekerjaan apa yang cocok dan sesuai dengan keinginan. Anda bisa memulainya dengan membuat daftar beberapa hal yang Anda sukai. Tuliskanlah beberapa bidang karir yang ingin Anda coba.

3. Kunjungi atau Baca Buku dari Penasihat Karir
Penasihat karir di Indonesia belum begitu populer, namun keberadaannya sudah cukup banyak. Anda bisa mengunjunginya saat si penasihat karir mengadakan seminar atau membaca buku-buku mereka yang dapat memotivasi Anda.

4. Lanjut Belajar
Dalam beberapa kasus, dengan mengubah karir mungkin Anda perlu untuk sekolah lagi agar mendapatkan bekal pendidikan yang cukup. Sehingga Anda dapat mempersiapkan diri untuk karir baru Anda. Ini mungkin memakan waktu beberapa minggu, bulan atau bahkan beberapa tahun untuk belajar, namun tidak ada salahnya demi karir yang Anda idamkan.

5. Tetapkan tujuan untuk Diri Sendiri
Sebaiknya Anda menuliskan daftar tujuan yang ingin dicapai dengan karir baru Anda. Hal-hal lain yang bisa Anda tulis yaitu mencakup jenis lingkungan kerja seperti apa yang diinginkan, kemudian berapa banyak pekerjaan yang harus Anda lakukan setiap minggunya, atau bahkan berapa banyak gaji yang Anda inginkan.

Setelah berpikir dan menilai hal-hal yang Anda inginkan dalam berkarir, Anda dapat mulai mencari pekerjaan yang sesuai. Ingatlah bahwa perubahan minat dan jalur karir merupakan hal yang wajar dan normal. Anda hanya harus menemukan apa yang menjadi keinganan dan cita-cita Anda.

--

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...