Wednesday, December 28, 2011

Kerugian Tidur Siang Bagi Tubuh Manusia

Setelah sebelumnya saya kutipkan soal keuntungan tidur siang bagi tubuh manusia [posting disini], maka berikut ini adalah kebalikannya. Masih dari detikhealth.com, berikut saya kutipkaan tentang kerugian tidur siang bagi tubuh manusia:

Kerugian tidur siang
1. Jika memiliki insomnia, maka tidur siang bisa menimbulkan masalah karena akan memperburuk gangguan tidur yang dimiliki saat malam hari. Ralph Downey III, direktur Sleep Disorders Center di Loma Linda University Medical Center di California menuturkan sedikit tidur siang bisa berdampak pada insomnia di malam hari.

2. Setelah tidur siang biasanya seseorang akan merasakan pusing dan bingung karena tubuh cenderung mempertahankan diri dalam keadaan istirahat atau hanya sedikit bergerak.

Agar bisa mendapatkan manfaat dari tidur siang, sebaiknya tidur selama 10-30 menit karena semakin lama tidur bisa membuat orang semakin pusing saat bangun, dan ciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman.

Setelah tidur siang, pastikan memberikan sedikit waktu bagi tubuh untuk beradaptasi sebelum melanjutkan kegiatan terutama jika membutuhkan respons yang cepat atau akurat, karena itu perkirakan waktu kapan harus bangun.
Demikian plus minus dari tidur siang bagi tubuh, semoga kita bisa mengambil sebuah kesimpulan sehingga bisa memanfaatkan momen tidur siang dengan sebaik mungkin, agar tubuh benar-benr terjaga kebugaran dan kesehatannya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment