Friday, December 16, 2011

Memahami Lima Bahasa Cinta

Bahasa cinta memang unik. Tiap orang memiliki cara sendiri untuk mengungkapkannya. Dr. Gary Chapman, penulis buku 'The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts', mengungkap bahwa setiap orang berbicara lima 'bahasa cinta'.

Jika Anda saling mengerti bahasa cinta masing-masing, menurut Chapman, akan lebih mudah untuk mengekspresikan perasaan kasih sayang. Untuk itu ketahui lima bahasa cinta agar Anda dan pasangan bisa lebih saling mengerti.

1. Afirmasi kata-kataMenurut Tina B Tessina, Ph.D., psikoterapis dan ahli hubungan, pria dan wanita dalam kategori ini merasa sangat hangat dan menyukai ketika menerima kata-kata manis dari pasangannya. "Bertentangan dengan apa yang bayak diyakin, hubungan ini tidak banyak tentang romansa tetapi lebih pada sebuah kemitraan," katanya.

Pasangan perlu merasa bekerja sama dan mereka dapat mengandalkan satu sama lain untuk saling berdampingan. Kata-kata manis dan dukungan akan membuat hubungan semakin kuat.

2. Waktu yang berkualitasBeberapa pria dan wanita mendambakan perhatian lebih besar dari pasangannya. "Ini adalah bukti bahwa pasangan peduli tentang Anda," kata Tessina. Perhatian adalah ekspresi cinta yang non verbal. Ini juga menunjukan kalau pasangan sangat peduli pada Anda. Menghabiskan waktu bersama dengan memberikan perhatian besar adalah tanda hubungan yang sehat.

3. Hadiah Bunga, coklat, dan hadiah lain adalah simbol cinta. "Itu adalah perayaan kecil dari koneksi cinta," kata Tessina. Ekspresi materi dari perhatian tidak perlu mewah atau mahal, tetapi cukup yang simpel dan memang dibutuhkan.

4. Perlakukan kecil bermakana besarKategori ini seperti membantu memilihkan dasi untuk suami atau membantu istri membenahi meja makan. Mungkin terlihat kecil, tetapi bermakna besar bagi keintiman pasangan. "Hal itu adalah ekspresi penting dari perhatian dan kerja sama. Bisa mengandalkan satu sama lain adalah hal penting dalam sebuah hubungan," kata Tessina.

5. Sentuhan fisikSalah satu kesalahan terbesar pasangan yang sudah cukup lama menjalin hubungan adalah mengabaikan sentuhan fisik atau seksual. "Perbedaan antara hubungan teman dan perkawinan adalah gambaran kasih sayang secara fisik dan seks," kata Tessina.

Jadi, jangan abaikan saling berpegangan tangan, berpelukan atau berciuman, dan aktivitas intim lainnya secara spontan, meskipun Anda dan pasangan sudah menjalin hubungan bertahun-tahun.

source : vivanew.com

No comments:

Post a Comment