Senin, 16 April 2012

Logo Google 14 April 2012 | Robert Doisneau




Robert Doisneau merupakan seniman Photografer asal prancis yang lahir pada tanggal 14 April 1912 di Gentilly, Val-de-Marne dan wafat tanggal 1 April 1994. Robert Doisneau menggunakan model Foto Leica pada tahun sekitar 1930 untuk karirnya sebagai fotografer. Bersama temannya Henri Cartier-Bresson yang juga sebagai pelopor foto jurnalistik. Robert Doisneau terkenal tahun 1950 untuk Baiser Le nya foto de l'hôtel de ville (Cium oleh Hôtel de. Ville) dan foto seorang pasangan berciuman di jalan-jalan sibuk disekitar kota Paris. Robert Doisneau diangkat sebagai Chevalier (Knight) dari National Order of the Légion d'honneur (disiplin nasional dari Legio d'honneur) pada tahun 1984.

Berawal dari gambar sederhana, menyenangkan, ironis, juxtapositions lucu, kelas sosial membaur, dan eksentrik di jalanan Paris kontemporer dan kafe, ia pun jadi terkenal. Tak luput, ia turut dipengaruhi oleh karya André Kertész, Eugène Atget, dan Henri Cartier-Bresson, dalam lebih dari dua puluh buku Doisneau disajikan visi menawan kelemahan manusia dan kehidupan sebagai rangkaian nyata.


Kerja Doisneau memberikan keunggulan yang tidak biasa dan budaya anak jalanan pun kembali dan bukunya pun mengusung tema anak-anak yang bermain di kota itu. Ia pun terkadang terkekang oleh kedua orang tuanya namun karena semangatnya melakukan karyanya dengan sungguh-sungguh dan keseriusannya pun berbuah hasil. Untuk menghormatinya, ada beberapa Ecole Primaire (Sekolah Dasar) dinamai menurut namanya, sebagai contohnya adalah di Veretz (Indre-et-Loire).
Kini, untuk mengenang jasa-jasanya dalam hal keahliannya sebagai photografer, maka google memperingatinya dengan ciri khas google yaitu Google Doodle dan mengganti Logo google menjadi foto serupa dengan hasil karya Robert Doisneau. 

Akhirnya saya mengucapkan terima kasih telah berkunjung di blog ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat buat anda para pembaca dan pencari iniformasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...