Senin, 09 April 2012

Stadion-Stadion Hijau Yang Ramah Lingkungan

 

Akhir-akhir ini konsep greenlifestyle, eco-friendly atau apapun istilahnya sedang booming di seluruh dunia bahkan menjadi gaya hidup baru. Bidang arsitektur juga tidak luput dari trend tersebut, dilihat dari semakin maraknya konsep bangunan atau rumah yang ramah lingkungan dan hemat energi.
Berikut adalah sebagian contoh dari bangunan berkonsep hijau yang merupakan stadion-stadion olahraga. Tidak hanya megah dan indah namun juga ramah lingkungan.


Garden Stadium, Dalian, China.



Ini adalah konsep proposal yang ditawarkan untuk renovasi stadion lama kandang klub Dalian Shide. Konsepnya adalah dengan meniru taman, yaitu pemasangan 'dinding hijau' yang juga berfungsi sebagai filter udara, mengurangi dampak efek rumah kaca dan isolasi yang baik. Atapnya terdiri dari kabel dan kain yang fleksibel. Pada dindingnya ditanam tanaman hidup yang akan berubah tergantung musim. Selain itu, pencahayaan menggunakan LED raksasa yang energinya bersumber dari kincir angin dan panel surya yang dipasang di seluruh bagian stadion.


National Park, Washington DC, USA.


Stadion ini adalah kandang dari klub baseball MLB, Washington Nationals. Stadion ini menggunakan pencahayaan yang efisien dan sistem filtrasi air yang modern. Sistem dapat memisahkan air yang terfiltasi dengan air hujan yang sama-sama digunakan untuk merawat rumput stadion.


World Games Stadium, Kaohsiung, Taiwan.


Design dari stadion ini sangat unik yaitu atapnya menyerupai ular naga. Tidak hanya menarik, atap tersebut juga terdiri dari ribuan panel surya yang menghasilkan energi listrik yang cukup besar bahkan untuk dijual kembali ke kota.


Incheon Stadium, Incheon, South Korea.


Ini adalah rancangan stadion yang rencananya akan digunakan pada Asian Games tahun 2014. Berkapasitas 70.000 tempat duduk yang akan dipangkas menjadi hanya 30 ribu setelah AG berakhir untuk dijadikan taman kota.


Melbourne Rectangular Stadium, Melbourne, Australia.


Stadion dengan bentuk seperti gelembung air yang menggunakan lebih sedikit bahan baja daripada stadion lain. Stadion ini dilengkapi dengan lampu LED, sistem penampung air hujan dan sistem ventilasi alami yang mengurangi ketergantungan terhadap listrik.


Franco Sensi, Rome, Italy.


Konsep blueprint dari stadion baru di kota Roma. Stdion ini akan dilapisi dengan panel surya yang menutupi seluruh bagian luar stadion.


Tokyo Olympic Stadium, Tokyo, Japan.


Konsep stadion baru yang akan menggunakan sel tenaga surya sebagai satu-satunya sumber energi listrik di stadion.


New Meadowlands Stadium, New York, USA.



Merupakan rancangan kompleks olahraga yang dalam pembangunannya akan menggunakan besi daur ulang, beton ramah lingkungan dan tempat duduk yang terbuat dari plastik daur ulang.


2014 Winter Olympic Stadium, Sochi, Russia.


Daya tarik utama dari stadion ini adalah dinding yang dilapisi bahan seperti kristal yang tembus cahaya ketika siang dan akan menyala ketika malam hari. Stadion ini juga akan menggunakan bahan material modern, struktur yang ringan, pencahayaan dan ventilasi alami.


Shanghai Stadium, Shanghai, China.


Stadion ini sebelumnya menggunakan pemanas berbahan bakar minyak yang mengkonsumsi 2500 tons bahan bakar setiap tahun. Namun sistem pemanas tersebut diganti dan dikonversi dengan sistem yang lebih ramah lingkungan.


London 2012 Olympic stadium, London, UK.


Stadion ini dibangun dengan memakai bahan-bahan material yang ramah lingkungan seperti polimer yang didaur ulang.


Cowboys Stadium, Dallas, USA.


Stadion ini dibangun dengan tujuan untuk mengurangi limbah padat sebesar 25%, penggunaan energi sebesar 20% dan penggunaan air sebanyak 1 juta galon per tahun. Stadion ini juga menggunakan energi terbarukan, dan plastik daur ulang sebagai bahan pembuat kursi dan lapangan.

[http://bukanterselubun9.blogspot.com]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...