Friday, February 17, 2012

Jangan mencuci wajah secara berlebihan !!

18 Feb 2012 - Sekitar seminggu yg lalu ada yang aneh dengan wajah saya dibagian pipi, jd kulit pipi saya itu kering, kasar, dan ada bercak merah seperti jerawat. Klo udah liat tuh pipi jadi sedih + kesel + PANIK !!

Karna wajah kan nggak bisa ditutuppin, dan yang dilihat orang pertama kali adalah wajah щ(ºДºщ)

Awalnya saya pikir semakin sering kita membersihkan wajah, makin terjaga juga kulit wajah kita, ternyata itu SALAH !! Disiang hari sebelum pipi saya iritasi, saya membersihkan pipi saya dengan lulur, lalu dengan toner, dan saat mandi saya membersihkan wajah saya lagi dengan facial foam. Ini berlebihan ?? Banget !! hhe ^^v

Dari informasi yang saya baca di sebuah majalah kulit kita memproduksi minyak, dan biasanya untuk menghilangkan minyak itu kita menggunakan sabun yang memiliki konsentrasi larutan alkali tinggi. Hanya saja, cara ini sering menyebabkan kulit lebih berminyak.



Minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous bermanfaat untuk membantu melicinkan dan memelihara kelembapan kulit. Jika seseorang mencuci wajah secara belebihan dan menghilangkan sebum, kulit akan menjadi kering, bersisik, dan menyebabkan gatal. (Nah.. ini yang saya alami)

Selain itu, penghilangan minyak teresebut merangsang kelenjar sebaceous menghasilkan lebih banyak minyak dan dapat menyebabkan kondisi Reactive Seborrhea. Hal ini akan membuat kelenjar bekerja secara berlebihan dan bisa menyebabakan gagal fungsi dimasa mendatang (Serem yah...)

Dari pemahaman diatas langkah awal saya untuk memulihkan kembali kulit pipi saya dengan menggunakan pelembab, awalnya coba-coba dan ternyata alhamdulillah berhasil, setelah 2 hari saya mengoleskan pelembab dibagian pipi ternyata kulit pipi saya kembali normal. Oh ia, saya lupa bilang klo awalnya saya tidak menggunakan pelembab, dan sekarang mulai menggunakan pelembab :)


No comments:

Post a Comment