Kamis, 09 Februari 2012

Hiriko, mobil lipat tenaga listrik asal Spanyol

Hiriko
Berita menarik hadir dari dunia otomotif di Spanyol. Sebuah perusahaan otomotif di Spanyol berhasil mengembangkan Hiriko, sebuah mobil lipat tenaga listrik asal Spanyol. Inovasi tersebut dikembangkan karena jalan perkotaan yang kian padat dan lahan parkir yang kian sempit di kota-kota besar di negara Matador tersebut.

Hiriko sendiri memiliki makna "Urban" dalam bahasa Basque. Lalu bagaimana cara kerjanya? Mobil canggih tersebut bisa dilipat seperti halnya melipat kereta dorong bayi. Sasis mobil akan bengkok seperti kereta bayi. Mobil itu sudah dipamerkan ke hadapan Komisi Eropa di markasnya di Brussel akhir Januari lalu.

Kendaraan tersebut cukup kecil, panjangnya hanya 2,5 meter, dan tidak memiliki pintu samping. Jadi untuk masuk ke kabin penumpang, Anda bisa lewat jendela depan dengan melangkahi dashboard mobil. Dengan bodi yang tidak terlampau besar, Hiriko disebut-sebut sebagai mobil anti macet dan krisis lahan parkir serta mobil ramah lingkungan, sebab digerakkan oleh tenaga listrik.
Cara kerja Hiriko
Seperti dilansir AFP, Jumat (10/2/2012) Hiriko menggunakan 4 motor yang dikawinkan dengan lithium-ion. 1 mobil listrik menggerakan 1 roda secara independen. Meski kecil mobil yang hanya bisa menampung 2 penumpang ini sanggup menjangkau jarak tempuh 120 kilometer dengan satu kali pengisian penuh baterai. Sementara kecepatan maksimalnya mencapai 90 km/am.

Desainer dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Boston, Amerika Serikat yang juga bekerjasama dengan perusahaan teknologi di Basque, Spanyol mengatakan Hiriko adalah cikal bakal kendaraan perkotaan yang memiliki banyak keunggulan.

Beberapa pemerintahan sudah berniat untuk membeli mobil tersebut, di antaranya Berlin, Barcelona, San Francisco, Hong Kong. Selain itu Paris, London, Boston, Dubai dan Brussel juga tertarik. Kabarnya mobil mobil tersebut diproduksi pada 2013, dan mulai dijual di Eropa dengan banderolan 12.500 euro atau sekitar Rp 148 juta. Nah, jika anda berminat untuk memiliki salah satu produk canggih ini, tunggu saja kehadirannya di Indonesia.


detiknews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...