Minggu, 19 Februari 2012

Glenn Mangham Bobol Server Facebook,Dipenjara Selama 8 Bulan

Nicholas Razzell/Telegraph
Glenn Mangham, pria Inggris berusia 26 tahun, dipidana dengan hukuman 8 bulan penjara karena terbukti membobol server Facebook.
 Glenn Mangham, pria Inggris berusia 26 tahun, dipidana dengan hukuman 8 bulan penjara pada Jumat (17/2/2012). Ia terbukti membobol server Facebook tahun 2011 lalu.
Mahasiswa Software Development ini tertangkap setelah Facebook, FBI, dan Scotland Yard melakukan investigasi bersama. Antara 27 April hingga 9 Mei 2011, Mangham menyerang beberapa server Facebook.
Mangham kemudian ditangkap oleh FBI pada Juni 2011 di rumah orang tuanya, di York, Inggris Utara, dan secara resmi disidangkan pada Agustus 2011 dengan lima tuduhan serangan komputer.
Mangham kemudian mengakui tindakannya namun ia mengatakan tindakan tersebut dilakukan untuk mengingatkan Facebook agar meningkatkan keamanan. Hal ini ditolak jaksa penuntut.

Hakim Alistair McCreath menyatakan, tindakan Mangham tersebut bisa berbahaya. "Anda dan orang lain yang berniat meniru serangan ini, harus benar-benar mengerti betapa seriusnya masalah ini," ujar McCreath seperti dilaporkan Reuters.

Saat dimintai keterangan oleh media, Facebook mengatakan sangat mengapresiasi tindakan yang dilakukan oleh penegak hukum. "Facebook akan melakukan upaya yang sangat serius bersama penegak hukum untuk memastikan semua pelaku diseret ke pengadilan," ujar Facebook kepada Venture Beat.

Penegakan hukum terhadap hacker sosial media ini merupakan yang pertama di Inggris. Berdasarkan laporan AP, Facebook menghabiskan biaya 200 ribu dollar AS untuk biaya investigasi dan proses peradilan di Inggris.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...