Kamis, 02 Februari 2012

Empat Ide Menarik Memanfaatkan Sudut Ruang Empat Ide Menarik Memanfaatkan Sudut Ruang


Ruang sudut kadang menjadi area sisa yang tidak digunakan dengan baik, bahkan cenderung disia-siakan. Padahal, bila diolah dengan baik, ruangan ini bisa menjelma menjadi sebuah ruang bermanfaat.

Menurut arsitek dan desainer interior Prima Haris Nuryawan, ada empat ide untuk mengisi sudut ruangan yang bisa Anda terapkan. Simak berikut ini:

1. Ruang baca

Jadikan area ini sebagai ruang baca. Anda bisa memanfaatkan area sudut yang tersisa ini dengan langkah sederhana. Salah satu caranya, Anda tinggal meletakkan sebuah kursi baca santai, semisal kursi goyang, kursi gantung, dan sebagainya. Agar sudut menyatu dengan nuansa di dekatnya, pilih warna atau tekstur yang senada sehingga secara keseluruhan sudut ini tetap terkesan menyatu dan hidup.

2. Ruang santai

Langkah-langkah untuk mengolah ruang sudut menjadi area santai pun sederhana. Pada sudut kosong, Anda bisa menempatkan sebuah meja kopi atau meja samping yang rendah.

Meja ini selanjutnya bisa dijadikan pusat perhatian ruang keluarga, seperti dengan menambahkan sebuah lampu gantung berukuran besar. Gantungkan lampu dengan rendah hingga mendekati meja. Hasilnya, nuansa yang muncul adalah keakraban di sudut ruang keluarga.

3. Ruang koleksi

Manfaatkan sudut ruang dengan menambahkan lemari dinding atau rak terbuka. Dinding yang tadinya dibiarkan polos, sekarang bisa Anda olah dan manfaatkan untuk kegiatan mengoleksi pernak-pernik atau koleksi buku Anda.

4. Ruang luar

Jika ingin menciptakan sesuatu berbeda, Anda bisa memasukkan suasana luar ruang ke dalam sudut ruang keluarga ini. Caranya, manfaatkan satu bidang pada sudut ruang dengan menyusun deretan bilah kayu atau bambu.

Tambahkan tumbuhan hijau, bisa tanaman hidup atau plastik bila tak ingin repot merawatnya. Untuk memperkuat kesan luar ruang serta nuansa keakraban, turunkan plafon dengan menambah pergola kayu di atas ruang keluarga.

Selamat menikmati sudut ruang di rumah Anda!

[lintas.me]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...