Kamis, 09 Februari 2012

Cina Ciptakan Baterai Terbesar Di Dunia

Provinsi Hebei, China, ciptakan baterai terbesar di dunia dengan kapasitas 36 megawatt per-jam listrik. State Grid Corporation of China (SGCC) dan perusahaan mobil listrik BYD yang menciptakan baterai terbesar ini. Baterai ini mampu menghidupi 12.000 rumah tiap jamnya, hal ini membuat SGCC mengklaim bahwa baterai ini adalah penyimpanan listrik terbesar di dunia.

Fasilitas seharga US$500 juta ini lebih besar daripada lapangan sepak bola dan dapat meningkatkan efisiensi sumber energi terbarukan sebesar 10 persen. Baterai ini tidak berdiri sendiri, namun berhubungan dengan tenaga pembangkit surya dan angin yang menghasilkan 140 megawatt listrik. Dengan sistem ini, maka China selangkah lebih maju dalam penciptaan dan penyimpanan energi terbarukan.

"Proyek ini akan menjadi solusi pengembangan sumber daya energi terbarukan untuk China," ungkap Direktur Deputi Energi Nasional Cina, Xiu Binglin. Xiu Binglin menambahkan bahwa kemajuan ini sangat menguntungkan China yang bermasalah dengan penjualan mobil listrik.

Ini merupakan uji coba terbaik untuk penjuru dunia, karena sudah banyak pembicaraan mengenai sistem penyimpanan energi yang dapat diandalkan. Sekarang China sudah melakukan sesuati yang mengejutkan, dunia akan melihat dan belajar dari mereka. Pada tahun 2012 ini, akan mulai bermunculan proyek penyimpanan energi semacam ini di berbagai penjuru dunia.

[natgeo]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...