Kamis, 02 Februari 2012

Cat Canggih Yang Bisa Mendeteksi Kerusakan Bangunan



Setelah ada cat yang bisa menjadi sumber tenaga, yaitu cat solar, kali ini ada lagi cat yang sama canggihnya, yaitu cat yang bisa berfungsi untuk mendeteksi kerusakan yang ada di sebuah struktur bangunan. Tim peneliti dari Skotlandia saat ini sedang mengembangkan suatu jenis cat yang murah dan mudah diproduksi nantinya di mana cat ini berfungsi untuk mendeteksi suatu kesalahan atau kerusakan kecil di struktur bangunan.

Dikembangkan di University of Strathclyde, Glasgow, cat ini dibuat dari bahan carbon nanotube, di mana bahan tersebut mengandung arus listrik, dan ditambahkan dengan abu yang dihasilkan dari pembakaran batu bara. Saat dicampur, kedua bahan tersebut mengeras, dan bisa digunakan sebagai cat.
Mohamed Saafi, salah satu tim peneliti mengatakan bahwa cat ini bisa digunakan pada permukaan apapun, apalagi karena bahan yang digunakan untuk memproduksi ini murah, serta apabila cat digunakan pada seluruh bangunan, bisa meminimalisir kecelakaan yang mungkin terjadi atas kerusakan bangunan.
Cat ini juga merupakan salah satu proyek mahasiswa pascasarjana universitas tersebut, David McGahon. Bersama Mohamed Saafi, mereka sudah membuat prototipnya dan akan menguji cat tersebut di Glasgow beberapa bulan ke depan. Kita tunggu saja kapan cat ini bisa diproduksi massal dan bisa diekspor ke seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...