Selasa, 07 Februari 2012

9 Hewan Unik Evolusioner


Dewasa ini habitat para hewani semakin berkurang seiring pembangunan dan pembabatan hutan untuk dijadikan lahan perkebunan, ya! semua ulah manusia. dengan berkurangnya habitat untuk tempat tinggal, semakin susah pula para hewan ini untuk mencari makan dan berkembang biak. disini ada beberapa hewan yang sangat langka keberadaannya dan unik karena mereka hasil dari evolusioner alamiah. berikut daftarnya :

1. Kuda Nil Kerdil


Kuda nil kerdil merupakan hewan soliter yang hidup di antara vegetasi padat di sepanjang sungai dan rawa-rawa dan hutan hujan di Afrika Barat. species ini adalah pemalu, ia menghindari orang, serta kuda nil lainnya. Setiap kuda nil memiliki wilayahnya sendiri. Wilayah laki-laki lebih besar daripada betina, keduanya menandai batas-batas wilayah mereka dengan kotoran mereka. Kuda Nil kerdil Ini menghabiskan sebagian besar hari dengan beristirahat di wilayahnya masing-masing.

2. Attenborough/Landak Moncong Panjang


Hewan ini adalah satu dari tiga spesies dari genus Zaglossus yang terdapat di Papua Nugini. Dinamai demikian untuk menghormati Sir David Attenborough.

3. Unta Bactrian


unta Bactrian ini bisa mencapai tujuh meter tingginya dan berat hingga 1.500 kilogram. Unta Bactrian baik laki-laki dan perempuan memiliki dua gundukan besar di punggung mereka. Unta Bactarian ini terancam punah karena hilangnya habitat hidup mereka.

4. Lumba-lumba Sungai Yang Tze


Lumba-lumba ini juga disebut Baiji. Baiji adalah lumba-lumba air tawar yang hanya ditemukan di Sungai Yangtze di Cina. Sayangnya ia telah mencapai status konservasi hampir punah – mungkin punah. Rekaman fosil menunjukkan bahwa lumba-lumba yang pertama muncul 25 juta tahun lalu dan bermigrasi dari Samudera Pasifik ke Sungai Yangtze 20 juta tahun lalu.

5. Slender Loris


Slender Loris adalah sejenis primata, nokturnal kecil hanya ditemukan di hutan hujan tropis India Selatan dan Sri Lanka. Mereka mampu hidup di hutan basah dan kering, serta hutan dataran rendah dan dataran tinggi. Mereka hidup divegetasi lebat dan berduri dimana mereka dapat dengan mudah menghindari predator dan menemukan berbagai besar serangga yang merupakan makanan pokoknya. Pemerintah India memiliki hukum yang melindungi Loris ini.

6. Antelop


Antelop baru-baru ini menjadi sangat langka, saat pelaporan sensus kurang dari 400 individu. Hanya satu Antelop ada di penangkaran. Nama lain untuk antelop ini adalah “kijang Hirola”.

7. Kelelawar Bumblebee


kelelawar Bumblebee bersaing dengan Etruscan untuk meraih title mamalia terkecil di dunia. Kelelawar ini dinamakan demikian karena ukuran mereka yang hanya sebesar lebah dan memiliki kemampuan untuk melayang-layang seperti burung kolibri. Habitat mereka di gua-gua perbukitan. kelelawar Bumblebee sekarang dianggap sebagai salah satu dari dua belas spesies paling terancam punah di planet ini.

8. Hispaniolan Solenodon


Hispaniolan solenodon juga dikenal sebagai Haiti Solenodon atau Agouta. Solenodon hanya ditemukan di pulau Hispaniola, bersama Haiti dan Republik Dominika. Saat ini, solenodon hanya dapat bertahan hanya dua tempat di Republik Dominika: Jaragua dan Del Este.

9. Long-Eared Jerboa


Long-eared Jerboa adalah binatang pengerat seperti tikus dengan ekor panjang. kaki belakangnya panjang untuk melompat, dan telinga yang sangat besar. Pada tahun 2007 Zoological Society of London yang dikirim seorang peneliti untuk mempelajari hewan ini. Studi ini kembali dengan rekaman video yang telah dicatat sebagai “pertama kalinya” makhluk ini direkam kamera”. Hal ini  membantu untuk memulai sebuah kampanye untuk melindungi mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...