Tuesday, May 3, 2011

Menjaga Password Akun Internet dengan Aman

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda melindungi account online anda dan yang pasti browsing lebih aman.

1. (Password Protection) Perlindungan Password:
Selalu membuat password unik dan berusaha membuat rumit dengan menggunakan rangkaian angka, simbol, huruf, dan tanda baca, hindari menggunakan kamus kata dan informasi pribadi dan tidak pernah berbagi kata sandi Anda dengan orang lain. Selalu gunakan password minimal delapan panjang karakter. Dan mengubah sandi Anda setiap dua atau tiga bulan.

2. (Computer Security) Keamanan Komputer:
Pastikan komputer Anda bersih, dan dilindungi dengan baik up-to-date anti virus asli-, anti-spyware, anti-phishing, peralatan firewall. Dan tidak pernah mematikan opsi update otomatis Sistem Operasi.

3. (Account Safeguards) Perlindungan Rekening:
Memberikan informasi yang terbatas dan dikendalikan pada profil web Anda. Berikan website informasi yang diperlukan seperti alamat email dan telepon no. untuk pemulihan akun hacked. Gunakan alat lainnya yang membuktikan situs itu untuk melindungi account Anda.

4. (Personal Information) Informasi Pribadi:
Jangan mrmberikan informasi pribadi dari sumber-sumber yang dicurigai. Menyediakan informasi seperti SSN atau detil keuangan mungkin berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan serius.

5. (Emails And Links) Email Dan Link:  
Hati-hati jika meng-klik link atau membuka lampiran email, bahkan jika itu diterima dari sumber yang dikenal. Jika Anda tidak yakin tentang hal apapun jangan dibuka sampai Anda mendapatkan konfirmasi dari pengirim. Hati-hati memeriksa mail yang mencakup penawaran menarik dan meminta Anda untuk memberikan informasi seperti login dan password. Hati-hati memeriksa ejaan dari domain di address bar browser sebelum memasukkan sandi Anda.

6. (Use Private Browsing) Gunakan Penjelajahan Pribadi:
Ketika anda selesai menggunakan situs web pastikan anda menekan log out dan keluar dari browser Anda. Hal ini sangat penting terutama ketika Anda berada di komputer umum. Dan jangan pernah meng-klik kotak "Remember Me" saat login dari beberapa komputer umum, karena hal ini menghemat password Anda bahkan setelah Anda menutup jendela browser.

7. (Secure Email ID) Secure Email ID:
Jangan mengekspos ID email Anda tidak perlu karena setiap orang dapat mencapai profil Anda di situs seperti Facebook, Myspace dll menggunakan alamat email Anda, membuat email pastikan alamat yang digunakan untuk membuat account web aman.

8. (Security Question) Pertanyaan keamanan:
Hampir setiap situs memberikan pertanyaan keamanan untuk perlindungan. Selalu menambahkan pertanyaan keamanan ke rekening. Pilih pertanyaan dan menjawabnya dengan cara yang tak terduga sehingga tidak ada orang lain harus mampu menjawab.

9. (Browser Security) Browser Keamanan:
Gunakan versi terbaru dari beberapa browser populer, karena browser baru yang dilengkapi dengan keamanan anti-phishing. Penjelajah web yang populer saat ini termasuk Firefox, Chrome, Internet Explorer, dan Safari.

10. (Report The Problem) Laporan Masalah:
Jika kamu menemukan scam, laporkan ke website yang sesuai, sehingga bisa diperbaiki. Hal ini akan melindungi pengguna yang tidak bersalah lainnya.

No comments:

Post a Comment