Tuesday, May 31, 2011

Kapal pesiar tenaga matahari!

Mungkin tidak banyak yang menyangka jika tenaga surya mampu menjadi sumber penggerak dari sebuah kapal pesiar, tapi hal ini memang terjadi. Kapal Pesiar Turanor PlanetSolar, namanya diambil dari novel JRR Tolkien Lord of the Rings, yang artinya adalah "Tenaga Matahari".

Kapal ini direncanakan akan di gunakan untuk memecahkan rekor dunia dengan misi mengelilingi Bumi. Kapal yang memulai misinya dari Monaco sejak 27 September 2010 itu sepenuhnya benar-benar mengandalkan tenaga surya.

Kapal ini memiliki panjang tubuh hingga 31 meter, dan mampu mengangkut hingga 40 penumpang. Sementara panel suryanya terbentang hingga lebih dari 500 m persegi. Panel itu menggunakan dua motor listrik sebagai alat penggeraknya.

Bila misinya sukses, kapal yang dibangun dengan ongkos senilai US$12,5 juta, sekitar Rp 107 miliar tersebut akan menjadi kapal pesiar pertama yang sukses mengelilingi bumi, murni mengandalkan tenaga surya. Konsep go green ini sebagai bentuk penghematan bahan bakar polutan yang biasanya dipakai oleh banyak kapal pesiar di dunia. Nantinya diharapkan semua kapal pesiar akan menggunakan konsep ini di masa depan.

No comments:

Post a Comment