Tuesday, May 31, 2011

Rossi punya catatan sukses di Catalunya!

Akhir pekan ini balapan MotoGP akan memasuki seri kelima di Catalunya. Di sini Valentino Rossi menjadi satu-satunya rider yang bisa menang lebih dari sekali sejak diadopsinya format MotoGP.

Semenjak era MotoGP menggantikan format 500cc tahun 2002 lalu, sudah sembilan kali Sirkuit Catalunya menggelar balapan. Dari jumlah tersebut, hanya Rossi yang mampu naik podium tertinggi lebih dari sekali.

Sudah lima kali Rossi--kini rider Ducati--menjuarai MotoGP Catalunya, di antaranya bahkan dengan tiga kali berturut-turut selama 2004-2006. Empat gelaran lain dimenangi pembalap berbeda yakni Loris Capirossi, Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo.

Dari sembilan gelaran di sirkuit sepanjang 4,7 km tersebut tercatat hanya dua kali pembalap peraih posisi pole sekaligus menjadi pemenang balapan. Ini terjadi pada tahun 2006 (Rossi) dan 2010 (Lorenzo).

Sementara dari situs resmi MotoGP, Casey Stoner tercatat memegang rekor fastest lap dengan 1 menit 41,186 detik pada tahun lalu, saat masih membalap untuk Ducati. Waktu tersebut ia torehkan dalam sesi kualifikasi, sehingga Stoner pun tercatat sebagai pembalap dengan pole terbaik di Catalunya.

Pada tahun yang sama, torehan waktu satu menit 42,358 detik dari Dani Pedrosa (Honda) dalam balapan membuatnya sampai kini masih duduk sebagai rider dengan rekor sirkuit terbaik.

Perihal top speed, belum ada yang bisa menandingi laju Alex Barros saat membela Honda pada tahun 2004 silam. Tatkala itu ia sempat melaju dengan kecepatan 339,4 km per jam.


detiksport

No comments:

Post a Comment