Jumat, 27 Juli 2012

Tentang marketing online terbaru 2012






MARKETING ONLINE — Jumlah pengguna internet di Indonesia dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan, data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo),pengguna Internet di Indonesia mencapai 45 juta pada tahun 2010. Jumlah ini diprediksi semakin meningkat dengan penetrasi Internet yang semakin luas. Hal ini didukung pula dengan pertumbuhan perangkat smartphone yang memudahkan akses Internet. Dari pengguna Internet yang sebagian besar anak muda, maka sgmen anak muda pengguna internet merupakan lahan subur meningkatnya tren marketing secara online.

Selain pertumbuhan pengguna Internet yang semakin besar,tren marketing online akan semakin meningkat secara drastis karena adanya krisis global. Krisis Global akan mendorong orang-orang akan bertindak lebih efisien, media online adalah media yang paling murah sehingga banyak dipilih.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2012 diprediksi mencapai 6.3%. Beberapa produk-produk yang diprediksikan akan banyak diminati adalah busana muslim, makanan dan minuman halal, dan Kredit material (bersifat dicetak, seperti foto, baligo, dll).Ini yang harus dicermati wirausaha baru atau pelaku-pelaku usaha yang sudah lama untuk meningkatkan pendapatan. Demikian diungkapkan Vice President Indonesia Marketing Asociation (IMA) Jabar Popy Rufaidah.

Namun penting untuk diperhatikan, marketing  dan berbelanja lewat online memiliki kelebihan dan kekurangannya. Menurut Popy ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan media online. Untuk pelaku usaha, trust (kepercayaan) menjadi modal yang sangat penting, ini dapat dilakukan dengan memberikan informasi alamat yang jelas, persyaratan ketentuan pembayaran, dan secure transaction (cara pembayaran yang aman).
Untuk konsumen, dalam berbelanja online harus berhati-hati membandingkan website-website yang menawarkan produknya, harus dicek dengan seksama, website harus akurat. Karena sudah banyak pelaku penipuan yang memanfaatkan media online.

Strategi pengembangan bisnis melalui media online ternyata dirasakan oleh banyak orang, contohnya saja Nisa Pratiwi membuat yang membuat desain-desain hijab yang variatif. Didukung keahlian yang didapat dari sekolah desain, kemudian hasil kreasinya ditawarkan secara online. Hasil kreasinya yang dijual melalui media online mendapat sambutan yang baik,di pasar lokal bahkan sudah merambah ke pasar luar negeri, yaitu Malaysia dan Singapura. Saat ini HijabChic sudah membuka gerainya sendiri di Jalan Banda 20.

Lain lagi cerita sukses bisnis melalui media online, JD Kids yang menjual produk sepatu untuk anak. Menurut Galing Ingsun, marketing JD Kids, bisnis melalui media online memang masih baru namun ternyata cukup kewalahan dengan pasar online yang begitu cepat. Awalnya strategi pemasaran sepatu ini dimulai dari mulut ke mulut, kemudian dititipkan di sejumlah distribution store yang berada di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Dan juga bisnis pemasaran online produk herbal pun mulai bertumbuh pesat saat ini seperti yg saya alami sebagai marketing online pada awal saya bergabung sebagai staf online. Cukup memasarkan produk herbal yg akan dijual dan dengan tujuan menaikan visitir website yg kita kelola serta menempatkan posisi website kita pertama di google dengan optimalisasi SEO.

Sumber : http://galeriukm.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...