Sabtu, 09 Juli 2011

Badai salju di gurun terkering dan terpanas di dunia, Atacama!

Entah sebuah anomali alam ataupun hanya kebetulan saja. Namun sontak fenomena ini begitu banyak menyedot perhatian dunia, khususnya dalam bidang klimatologi. Baru saja dirilis oleh BBC yang melaporkan bahwa pekan ini telah terjadi badai salju di salah satu tempat yang paling panas dan paling kering di dunia yaitu Gurun Atacama.

Tak tanggung-tanggung, badai salju hebat yang melanda gurun Atacama pun menutupi gurun tersebut dengan ketebalan salju setinggi 80 sentimeter atau hampir 1 meter. Dalam tayangan sebuah video yang dirilis oleh BBC menunjukan bahwa gurun yang biasanya terlihat kering dan tandus itu pun kini ditutupi oleh hamparan salju warna putih.

Dilansir Accuweather, salju turun di wilayah Chile beberapa hari setelah serangan badai gurun yang aneh. Akibat serangan badai salju ini sejumlah gangguan diperkirakan terjadi di wilayah penghasil tembaga terbesar di dunia ini.
Salju ini turun di wilayah itu setelah kejadian yang sama terjadi sekitar 20 tahun silam. Luas Atacama 105.000 meter persegi, letaknya di lepas pantai Pasifik Amerika Selatan serta berada di wilayah barat pegunungan Andes. Atacama, menurut laporan yang diturunkan NASA dan National Geographic adalah gurun terkering di dunia.

Fenomena aneh ini pun kini dalam penyelidikan para ilmuwan NASA.







tribunnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...