Rabu, 22 Februari 2012

Ini dia, Mahluk yang Tidak Pernah Melihat Sinar Matahari



CACING skala telah berevolusi untuk bertahan di tempat ekstrem.*

Makhluk-makhluk ini tampak seperti monster dari planet lain. Namun tidak menghuni planet yang jauh di sana, makhluk menakutkan ini ada di bagian bawah lautan Bumi terdalam.

Gambar menakjubkan dari Polychaetes, atau cacing skala ini, menunjukkan bagaimana mereka telah berevolusi untuk bertahan dari tekanan lebih dari 1.000 meter di bawah permukaan air, di mana sinar matahari tidak pernah sampai di sana.

Penemuan ini, seperti dilaporkan laman Mail Online, Senin (20/2), diharapkan bisa membantu memahami kemungkinan kehidupan yang ada di planet lain.

Makhluk-makhluk, yang ukurannya sekitar dua atau tiga sentimeter ini, merupakan bagian dari sebuah ekosistem yang tidak diketahui sampai 40 tahun yang lalu.

Namun sejak 1970-an, perkembangan teknologi memungkinkan eksplorasi yang lebih dalam di laut, memungkinkan para ilmuwan untuk meninjau kembali gagasan mereka tentang dasar laut dalam.

Alih-alih sebuah gurun tandus, mereka telah menemukan komunitas yang beragam dari makhluk yang hidup di sekitar lubang hidrotermal.

Ventilasi hidrotermal seperti ini diyakini ada di bulan Jupiter, Europa, dan ilmuwan berspekulasi ini mungkin pernah terjadi di Mars.


sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...