Friday, October 21, 2011

Volkswagen UP, si mini yang sanggup angkut 16 penumpang!


Pernahkah anda membayangkan sebuah mobil mini dengan kapasitas penumpang hingga 16 orang?. Mungkin anda tak akan mempercayainya namun mobil mini ini sungguh ada dan akan segera meramaikan pasar otomotif dunia.

Menjelang dipasarkan pada Desember mendatang, Volkswagen (VW) AG mulai gencar mempromosikan keberadaan city car VW UP. Selain dicitrakan sebagai mobil yang irit bahan bakar, tangguh, bergaya, dan penuh dengan fitur canggih, mobil mungil itu juga memiliki kapasitas angkut hingga 16 orang dewasa.

Kapasitas angkut itulah yang baru-baru ini dibuktikan pabrikan asal Stuttgart, Jerman, tersebut. Seperti dilansir autoevolution.com, Jumat, 21 Oktober 2011, VW telah mendemonstrasikan kapasitas kabin itu dengan mengangkut 16 orang karyawannya di VW UP.

“Ini bukanlah pemecahan rekor dunia, tetapi hanya untuk menunjukkan kemampuan ukuran ruang VW UP,” demikian bunyi pernyataan VW AG.

Pada aksi itu, ke-16 orang tersebut bisa duduk dengan rapi meski berjejalan seperti ikan sarden di kaleng. Dua orang duduk di bagasi, seorang di atas dashboard, empat di kursi depan, dua di footwells depan, dan tujuh orang duduk di kursi belakang.

Padahal, seperti dilansir autoweek.com dan oncars.in, city car anyar VW itu hanya memiliki panjang 3,54 meter (m), lebar 1,64 m, dan tinggi 1,48 m. Namun, bagasinya diklaim berkapasitas hingga 251 liter. Bahkan, bila kursi bagian dilipat ke depan hingga rata, kapasitas ruang itu menjelma menjadi 951 liter.

VW memperkenalkan mobil hatchback anyar itu ke gelaran Frankfurt Motor Show 2011 yang berlangsung 13-25 September lalu. Cetak biru pabrikan itu menunjukkan mobil ini akan diproduksi dalam versi bermesin konvensional dan bertenaga listrik.

Namun, pada tahap awal, versi konvensional yang mendapat prioritas produksi. Versi listrik bakal menyusul pada 2013.

Varian konvensional mengusung mesin 1.000 cc tiga silinder dengan teknologi injeksi langsung. Ada dua tipe mesin yang ditawarkan, pertama bertenaga 60 daya kuda (dk).

Tipe kedua bertenaga 75 dk. Keduanya dilengkapi fitur blue motion yang di dalamnya terdapat peranti start-stop sehingga irit bahan bakar.


referensi : tempointeraktif

No comments:

Post a Comment