Minggu, 09 Oktober 2011

5 Situs Download Gratis Terbesar

Bagi yang sering download software dari internet, tentu punya alamat web khusus yang sering dikunjungi. Website tempat download software gratis di internet sangat banyak, tetapi dari sekian banyak tidak semua memberikan koleksi lengkap, kemudahan, review atau fitur menarik lainnya. Berikut 5 website besar tempat download berbagai software gratis di internet.
Software Gratis yang sering di istilahkan dengan Freeware bisa kita dapatkan di situs-situs besar berikut. Freeware merupakan alternatif murah dari software berbayar. satu hal ketika download software, ketika ingin mendapatkan software yang gratis dan dapat digunakan sepenuhnya, jangan lupa mencari dengan label Freeware.

Download.com ( CNET)

Situs download.com mungkin merupakan situs download terbesar, mempunyai berbagai koleksi software untuk Windows, Mac, Mobile dan Webware. Selain koleksi yang sangat banyak, pemberian kategori yang jelas, kelebihan lainnya cnet adalah adanya review atau ulasan dari Editor serta pemberian rating baik dari Editor maupun penggunanya.
Jika ingin mendapatkan software Freeware, pastikan memilih Free dari pilihan harga. Salah satu hal yang kurang menyenangkan dari website ini adalah banyaknya iklan (banner, flash) dan konten website yang padat, sehingga kadang agak lambat untuk menuju ke halaman download software.

Softpedia

Website download ini mungkin termasuk peringkat kedua besarnya setelah CNET, dengan koleksi software untuk Windows, Mac, Linux, Mobile, Gadget dan lainnya. Juga tersedia download script, yang sangat membantu bagi para programmer seperti pengembang website . Seperti halnya CNET, softpedia juga memberikan rating dari para pengguna untuk software yang ada.
Struktur dan tampilan Softpedia lebih memudahkan daripada cnet, selain itu juga ada koleksi software untuk linux. Terkadang softpedia memberikan lisensi gratis untuk software berbayar, yang jarang dilakukan website download lainnya.

FileHippo

Situs ini mempunyai tampilan yang sederhana, tidak banyak iklan dan khusus memberikan software-software populer saja baik freeware maupun shareware/commercial (berbayar). Filehippo memang berfokus pada kualitas, bukan kuantitas(jumlas). Semua software di FileHippo di tempatkan di server mereka sendiri, sehingga proses download relatif lebih cepat.
Karena tampilan yang sederhana, maka proses mencari software sangat mudah, dan kita bisa mendapatkan software-software populer di tiap kategori. Sehingga bagi yang ingin mendapatkan software populer tanpa harus banyak browsing, FileHIppo merupakan pilihan yang tepat. Kelebihan lainnya adalah kita masih bisa download software versi-versi sebelumnya.

Brothersoft

 









Merupakan situs download Software, baik untuk Windows, Mobile, Mac dan Web. Mempunyai koleksi lebih dari 200.000 download. Satu hal yang kurang menyenangkan adalah banyaknya banner atau iklan yang ada di setiap halaman.

Brothersoft juga tidak banyak memberikan review terhadap koleksi software-softwarenya sehingga terasa kurang bagi yang ingin mengetahui lebih dahulu ulasannya.

MajorGeeks

Merupakan alternatif download dari Softpedia atau CNET. Tampilan lebih sederhana dan relatif cukup cepat loadingnya. Software sepertinya berfokus khusus untuk windows.
Salah satu kelebihan majorgeeks adalah adanya alternatif lokasi download. Sehingga jika download gagal atau lambat, bisa berganti dengan lokasi download lainnya.
Dari kelima situs download diatas, biasanya yang pertama saya pilih adalah FileHippo, karena tampilannya yang sederhana, tidak banyak iklan dan bisa langsung menuju ke software populer yang sering kita pakai. Alternatif berikutnya adalah Softpedia.

Situs Download Lainnya

  • Sourceforge.net, website download terbesar software open source
  • tucows.com, alternatif software download (windows, Mac, Linux, Web dan Mobile)
  • Snapfiles.com, situs download software untuk windows freeware dan shareware
  • Freewaregenius, dengan tampilan blog dan memfokuskan pada freeware saja
Jika anda mempunyai alamat website download software lainnya yang lengkap, bisa menambahkan dan berbagi melalui komentar dibawah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...