Wednesday, May 11, 2011

Website pertama yang hadir ke dunia

http://terbaru5.blogspot.com
Sebuah hal menarik kembali saya temukan. Kali ini berasal dari blog teman saya, yaitu mengenai sejarah Website Pertama Yang Hadir Ke Dunia. Bukan hanya judulnya saja yang membuat saya terkesan, namun hal yang membuat saya jauh lebih terkesan lagi adalah saat saya mengecek website tersebut dan ternyata web tersebut masih ada hingga saat ini dan belum berganti domain sejak tahun 1991.

Adalah Sir Timothy John ”Tim” Berners-Lee, KBE (TimBL atau TBL), lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955 diklaim sebagai penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang juga berfungsi untuk mengatur segala perkembangannya.

Pada 1980, ketika ia masih menjadi seorang kontraktor bebas (freelance) di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau akhirnya ia berhasil menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.

Setelah beberapa waktu ia bekerja sebagai seorang kontraktor, ia pun kemudian memutuskan untuk meninggalkan CERN dan bekerja di John Poole’s Image Computer Systems Ltd. Berbekal pengalaman yang dimiliki saat ia berhasil menciptakan Enquire, ia pun mengadopsi ide yang serupa dan kembali menciptakan World Wide Web, dimana ia membangun sebuah desain lengkap dengan membangun browser yang pertama di dunia (bernama WorldWideWeb yang kemudian dikembangkan dalam NeXTSTEP). Kala itu server web pertama yang digunakan bernama httpd.

Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee beralamat di http://info.cern.ch/ (anda bisa mengeceknya sendiri dan pada saat artikel ini saya buat, web tersebut memilki Alexa Rank 19,426). Web ini pun memulai online perdananya pada tanggal 6 Agustus 1991.

Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology. Hingga kini, Berners-Lee masih tetap menjadi Berners-Lee yang rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Hingga kini pun penemuannya pun masih menyimpan kisah misteri karena masih banyak orang yang belum mengetahui secara mendalam mengenai World Wide Web.

Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas. Pada akhirnya ia pun diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya yang dilakukan  pada tanggal 16 Juli 2004 .


No comments:

Post a Comment