Tuesday, March 15, 2011

Serba-serbi tentang nyamuk

Serangga yang satu ini pasti udah familiar banget di hidup kita nih frenz. Hampir bisa dipastiin kalo tiap malem dia pasti dateng gangguin kita, apalagi kita udah dalam kondisi setengah sadar (baca: dibilang sadar tapi mata udah lengket serasa di lem, tapi dibilang ngga sadar juga masih melek). Nah, rupa-rupanya emang kedatangan makhluk yang satu ini ngga pernah sedikitpun kita harapkan, malah tanpa sadar kita sering banget "mainin" nyawanya for fun (baca: dengan cuma-cuma) alias cuma buat ngisi kekosongan waktu kita lagi ngelamunin masa depan yang belom jelas. Malah, yang lebih parah lagi kalo sampe frenz punya motto hidup "daripada  ngupil mendingan matiin nyamuk!" atau "Matiin nyamuk bikin hidup terasa lebih hidup". Nah lho ☺
 
Tapi kali ini kita ngga ngebahas tentang gimana cara dia "ganggu" hidup kita nih, tapi lebih dalam lagi (cie..cie..sumur kaliii dalem ☺). Nah, yang kita bahas adalah apa itu nyamuk dan serba-serbi tentang makhluk mungil, nyebelin nan sering menyiksa kita itu. Apa aja ya kira-kira?
 
1. Nyamuk tidak menggigit melainkan menghisap

2. Di dunia ini terdapat 2.500 jenis nyamuk. Beberapa pakar serangga malah menyebutkan angka 3.000. Ribuan nyamuk itu tersebar dari kawasan Tundra di Artic hingga hutan tropis yang terik.

3. Nyamuk suka tempat yang gelap. Jadi untuk kita para manusia usahain jangan pake baju gelap pas malem. Alasannya ada 2 : 
Yang pertama karena bisa dianggap maling, dan yang kedua karena emang kepengen dipacarin sama nyamuk betina.... hehehe....

4. Seperti manusia, nyamuk juga punya selera. Ada yang doyan darah manusia, ada yg lebih doyan darah hewan (jangan tersinggung yak,hehe).

5. Dibutuhkan sekitar 1.200.000 nyamuk dan masing-masing menghisap 1 kali untuk bisa secara total mengeringkan darah dari tubuh seorang manusia. (ini yang dibilang french kiss massal kaum nyamuk kalii yak ☺)

6. Sejumlah periset yg sedang meneliti di Artic dan sedang bertelanjang, maksudnya bertelanjang tangan, kaki, dan dada dilaporkan terkena 9.000 gigitan per menit dari sekelompok nyamuk yg baru menetas. Dengan gigitan sebanyak itu , para peneliti itu dapat mati dalam waktu 2 jam. (di kutub aja ada nyamuk, apalagi di got nan butek disamping rumah kita ya,,hehe)
 
7. Sayap nyamuk mengepak sebanyak 300-600 kali per detik.

8. Para peneliti Kanada nyamuk (kok demen banget neliti nyamuk ya?hehehe) itu memasang sinyal kimia pada nyamuk-nyamuk yg dijadikan kelinci percobaan. Begitu seekor nyamuk kenyang, sinyal kimia itu tertutup dan menghalangi masuknya darah. Kalo sinyal itu macet, nyamuk akan terus menghisap darah sampe tubuhnya meledak. (kalo dipikir-pikir ternyata ada kemiripan sama ban dalem, bisa meledak juga )

9. Menurut penelitian Universitas Bristol, kuping nyamuk jantan dilengkapi dgn sensor dlm jumlah yg sama dgn kuping manusia. Sensor-sensor itu memungkinkan nyamuk jantan mengejar nyamuk betina yang sedang berkeliaran. (nyamuk playboy, jangan ditiru frenz tingkah nyamuk yang kaya gini yak )

10. Kalo nyamuk jantan berhasil mendeteksi dengung nyamuk betina, dlm waktu satu ato 2 detik dia mulai melakukan pengaturan suara agar suara yg keluar dari tubuhnya selaras nyamuk betina. (nyamuk juga mesti kompak frenz, kaya kita juga kan pas lagi senam poco-poco☺)

11. Nyamuk saat menghisap darah, akan memasukkan air liurnya. Itu bukan karena dia nafsu sama kita lho;), tapi tujuan nya adalah untuk membekukan darah kita yang sedang mengalir dengan sekejap. Jadi tuh nyamuk bisa isep dengan nyantainya.. (kalo perlu nyedotnya sambil tidur-tiduran atau sambil ngisi TTS,hehe)..
Nah, air liur yang tertinggal di dalam kulit itulah yang membuat rasa gatal.
 
 Dan yang terakhir.........
 
12. Nyamuk itu bentuknya kecil frenz, karena kalo bentuknya gede ntar disangkain ayam. Nah, kalo disangka ayam, terus nyamuk bisa dijual dipasar-pasar dengan harga yang relatif mahal tergantung ukuran. Ada yang 30 ribu, 50ribu sampe 100ribu. Nah, terus kalo nyamuk udah pada dijualin lama-lama jadi langka, kalo udah langka terus jadi dilindungin sama pemerintah. Nah, kalo udah dilindungin sama pemerintah berarti kita ngga boleh bebas matiin nyamuk lagi karena bisa kena sanksi penjara. Emangnya mau dipenjara gara-gara nyamuk???!!..
Gimana frenz, nyebelin kan yang namanya nyamuk?;)..kalo gitu kita setuju ya,,hehehe
 
Hehehe,, sekian ahh..semoga bermanfaat ☺

No comments:

Post a Comment