Saturday, March 26, 2011

Kumpulan Software Gratis/Freeware (List for Freeware)

http://media.somewhereinblog.net/images/MONNA007_1283450948_1-nabil_mym_1282757774_1-freeware_software.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzd5rFUVrGMCZRE7VlZGNldaMl820egF6D-sNWcSscNVMih9JRE6MfocL9MnW3A-62t6cmAnmUglT5RYr5WOkqthnCKLc2UoOucTaswPKl4sW9wfpxIRjZq58qMh32BUi5cuv4nfc0w6N3/s1600/mark_carson_freeware_dollar_globe.png


Definisi
Perangkat lunak bebas (Inggris: free software) adalah istilah yang diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation yang mengacu kepada perangkat lunak yang bebas untuk digunakan, dipelajari dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau dengan beberapa keharusan untuk memastikan bahwa kebebasan yang sama tetap dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Bebas di sini juga berarti dalam menggunakan, mempelajari, mengubah, menyalin atau menjual sebuah perangkat lunak, seseorang tidak perlu meminta ijin dari siapa pun.

Untuk menjadikan sebuah perangkat lunak sebagai perangkat lunak bebas, perangkat lunak tersebut harus memiliki sebuah lisensi, atau berada dalam domain publik dan menyediakan akses ke kode sumbernya bagi setiap orang. Gerakan perangkat lunak bebas (free software movement) yang merintis perangkat lunak bebas berawal pada tahun 1983, bertujuan untuk memberikan kebebasan ini dapat dinikmati oleh setiap pengguna komputer.
Dengan konsep kebebasan ini, setiap orang bebas untuk menjual perangkat lunak bebas, menggunakannya secara komersial dan mengambil untung dari distribusi dan modifikasi kode sumbernya. Walaupun demikian setiap orang yang memiliki salinan dari sebuah perangkat lunak bebas dapat pula menyebarluaskan perangkat lunak bebas tersebut secara gratis. Model bisnis dari perangkat lunak bebas biasanya terletak pada nilai tambah seperti dukungan, pelatihan, kustomisasi, integrasi atau sertifikasi.
Perangkat lunak bebas (free software) jangan disalahartikan dengan perangkat lunak gratis (freeware) yaitu perangkat lunak yang digunakan secara gratis. Perangkat lunak gratis dapat berupa perangkat lunak bebas atau perangkat lunak tak bebas. Sejak akhir tahun 1990-an, beberapa alternatif istilah untuk perangkat lunak bebas digulirkan seperti "perangkat lunak sumber terbuka" (open-source software), "software libre", "FLOSS", dan "FOSS".
====================
Dewasa ini umumnya perangkat lunak bebas tersedia secara gratis dan dibangun/dikembangkan oleh suatu paguyuban terbuka. Anggota-anggota paguyuban tersebut umumnya bersifat sukarela tetapi dapat juga merupakan karyawan suatu perusahaan yang memang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat lunak tersebut. 
Kali ini saya akan memberikan daftar/List freeware yang paling banyak digunakan dan terbaik saat ini.
Berikut adalah  Software/Aplikasi yang bersifat 'Freeware alias Gratis' :

Video

Audio

Security

Office

Masih pakai Microsoft Office yang mahalnya minta ampun. Coba software office dibawah ini, dibanding buatan microsoft memang masih tergolong terbaru, tapi kualitas jangan tanya. Bukan hanya itu ada pembaca pdf, dokumen konverter dsb

Internet

P2P

Chat

Suka berchatting ria, Software di bawah ini adalah pilihan yang cocok

Archive managers

Tahukah anda winzip dan winrar itu sebenarnya bukan software gratis. Tapi kebanyakan orang yang sudah download merasa itu freeware. Padahal kedua software itu berbayar, nah yang dibawah ini baru gratis

Servers

Suka upload file ke website atau edit kode PHP, dibawah ini software yang lumayan berguna

Codecs

Download software codecs terbaru melalui link dibawah ini :

Miscellaneous

yang pasti ini juga gratis di download seperti yang lainnya

Wallpaper

Buat indah komputermu dengan wallpaper keren dan gratis serta terbaru :

System Utilities

Optimalkan komputer kamu, biar nggak lelet dengan utilitis gratis di bawah ini

Network

Sering berhubungan dengan network dan membutuhkan software yang ampuh……

Image

Untuk mengedit gambar bukan hanya photoshop, software gratis di bawah ini juga bisa melakukannya

3D

Software 3d terbaru dan gratis

CD/DVD

software-software gratis Tools CD/DVD

UI Enhancements

ubah desktop kamu sesuai keinginan kamu...

Hardware monitoring/Benchmarking

Ingin melihat kemampuan komputer kamu, test saja menggunakan software super gratis ini.

Developers

Suka coding, software gratis ini mungkin cocok untuk anda

Games

Emang sih nggak bagus-bagus amat, tapi download saja :

Education

Belajar itu penting, dapatkan secara cuma-cuma dengan software dibawah ini :
Keren banget kan semua software diatas, buat apa kita membeli barang bajakan jika ada software software terbaik yang tidak perlu kita beli. Cukup dowload, gunakan, dan berkreasi. Harap perhatikan! Daftar ini adalah yang terbaru untuk saat ini, jika kamu membaca artikel ini 1001 tahun lagi, tentu software terbaik diatas sudah tidak lagi terbaru.. hehe

Semoga bermanfaat… :D
sumber : kaskus.us, wikipedia

1 comment:

  1. It supports 3D acceleration, allowing you to enjoy superior Android gaming in Windows. It supports even the most graphically intensive games by using Windows OpenGL drivers for faster frame rates. To achieve peak performance, applications run primarily in native x86 mode, with ARM emulation performed only on an as-needed basis. This enables the programme to save power and maximise battery life.


    avast cleanup premium crack
    driver easy pro crack
    norton antivirus crack
    rekordbox dj full crack
    keyscape crack

    good sync enterprise crack
    program4pc dj music mixer crack
    avira system speedup pro crack
    originpro crack
    avs video editor crack

    ReplyDelete