Monday, June 20, 2011

Daging buatan hasil dari limbah kotoran manusia!

http://terbaru5.blogspot.com
Jauhkan piring, sendok dan makanan anda saat anda membaca artikel ini!. Karena bagi anda yang tidak terbiasa, mungkin akan langsung hilang selera.

Berita dari negeri sakura ini menyangkal kata "sia-sia" atau "kesia-siaan", karena percaya atau tidak, ilmuwan Jepang ini berhasil mengembangkan "daging buatan" dari bahan yang amat sangat tidak lazim, yaitu dari kotoran manusia.

Peneliti Mitsuyuki Ikeda dari Okayama Laboratory mendapat inspirasi ketika Tokyo Sewage memintanya mencari cara memanfaatkan limbah kota. Ikeda menemukan, kotoran manusia ‘dibungkus’ protein oleh semua bakteri.

Riset yang dilakukan timnya mengekstrak protein itu guna menciptakan steak buatan yang berwarna merah dan memiliki rasa kacang. Sebesar 63% daging buatan ini terbuat dari protein, 25% karbohidrat, 3% lipid dan 9% mineral. Menurut tim ini, dalam uji awal, orang yang mencoba daging buatan ini mengatakan daging ini enak dan terasa seperti daging.

Mengabaikan asalnya yang tak biasa, ilmuwan membuktikan makanan baru ini jauh lebih ramah bagi lingkungan karena tak seperti hewan ternak yang menghasilkan sejumlah besar emisi gas rumah kaca. "Daging" ini 10-20 kali lebih mahal dibanding daging biasa karena mahalnya riset.

Namun, Ikeda berharap bisa memangkas biaya pembuatan "daging" ini sehingga bisa diproduksi secara massal. Apakah anda berminat untuk mencoba salah satu resep "daging buatan" karya profesor ini? Saya rasa tidak ☺

No comments:

Post a Comment