Sunday, March 13, 2011

Cara jitu deteksi kebohongan


"Aku tau km jalan sama si dia kan..iya kan..iya kan..iyyya kannnn....??Jawwwabbbb!!..Plakkkk!!#$#%^&#..Aku udah liat dengan mata kepala aku sennndirrrrriii..!! Plakkkk!!#$#%^&#.. Dan akku paling ngga sukkkaaa dengan pembohong! Kamu taukkk??!!,,Plakkkk!!#$#%^&#..
"Ak..ak..aku emang be..ben..bener jalan sama..sama dia, tapi di..di...dia juga cewek, sama kayak aku..hikz..hikz"..
"Ouhh,,gitu yakkk..maaf ya bebz, abisnya temen cewek kamu kumisan juga kayak aku sih"
"Au ahhh gelap!"



Pernah dihadapkan sama situasi seperti diatas frenz?? Dan apa yang dilakukan saat kita mencium adanya kebohongan dan mendapatkan pengakuan dari si tersangka, tapi kita merasa ragu dengan kebenaran alasannya. Apakah dia bicara jujur apa ngga?? Nah, berikut tips yang bisa dipake untuk ngeliat seseorang bicara jujur apa ngga:

Bahasa tubuh
- Gerakan tubuh menjadi sering terlihat kaku dan terbatas, dengan sedikit gerakan lengan dan tangan. Gerakan lengan, tangan, dan kaki terkadang menuju bagian badan mereka, si pembohong kadang memberi sedikit ruang terhadap dirinya.
- Seseorang yang berbohong akan berusaha menghindari kontak mata
- Tangan menyentuh wajah, kadang sering menyentuh hidung atau menggaruk hidung, tenggorokan, bagian sisi mulut dan kadang menggaruk bagian belakang kuping

Emosional, Gerak-gerik & Kontradiksi
- Waktu dan durasi dari gerakan emosional biasanya melebihi dari biasanya, kadang sering berhenti saat mengeluarkan emosinya.
- Ketepatan saat mengeluarkan ekspresi tidak pas, Contoh : seseorang mengatakan "Gue suka banget" waktu diberikan sebuah hadiah, lalu dia memberikan senyuman sesudah dia mengatakan kalimat tersebut, dari pada memberikan ekspresi dan kalimat pada waktu yang bersamaan
- Pemberian ekspresi lebih terbatas pada bagian mulut, pipi dan dagu. Karena biasanya orang yang tersenyum alami biasanya melibatkan bagian pipi, dagu, mulut, depan kepala, mata dan lainnya

Interaksi dan reaksi
-Orang yang bersalah akan lebih terlihat Defensive, sedangkan orang yang tidak bersalah akan lebih menunjukan offensive
-Seorang pembohong mersa tidak nyaman sewaktu diajukan pertanyaan dan akan membalikan diri/mengalihkan pandangan
-Pembohong secara tidak sadar meletakan benda diantara kita atau pun ia sendiri

Cara lain
-Jika frenz percaya seseorang berbohong, maka alihkanlah pembicaraan dengan cepat, maka seorang pembohong akan mengikuti alur pembicaraan dan akan merasa lebih lega, karena seorang pembohong selalu ingin bahan pembicaraannya diganti, sedangkan orang yang tidak bersalah akan merasa kebingungan jika pokok pembicaraan diganti secara tiba-tiba dan biasanya meminta dibahas kembali. 




No comments:

Post a Comment