Thursday, February 24, 2011

Nano Hummingbird, burung robot mata-mata

Nano Hummingbird

Berita kali datang dari negeri Paman Sam. Usut punya usut ternyata mereka telah mengembangkan sebuah robot berteknologi canggih alias nanobot. Teknologi ini lebih ditujukan kepada aktifitas spionase (baca: bukan spion motor atau spion mobil lho :-p) atau aktifitas intelijen mereka.

Robot yang mereka ciptakan sangatlah unik karena bentuknya menyerupai burung kolibri mini, lengkap pula dengan sayapnya yang bisa mengepak. Mereka menamakan robot ini dengan sebutan Nano Hummingbird (baca: bukan nano-n**o yang permen manis asem asin ya,hehehe).

Todd Hilton mengatakan kepada Los Angeles Time bahwa programnya kali ini adalah robot terbang generasi baru dengan kemampuan dan bentuk menyerupai burung yang berukuran kecil.

Dengan bentuk yang seperti burung dan berukuran kecil, robot tersebut bisa melakukan manuver lebih lincah, bahkan mungkin menerobos jendela atau bertengger di kawat listrik. Bisa terbang vertikal, ke kanan, ke kiri, maju, dan mundur. Robot tersebut bisa terbang hingga kecepatan 17 kilometer per jam. Dirancang sebagai robot mata-mata, badannya dilengkapi kamera untuk merekam suasana sekitar.

Bentangan sayapnya hanya 6,5 inci atau sekitar 18 cm dan beratnya cuma 19 gram atau lebih ringan dari sebuah baterai standar AA. Seringan itu sudah dengan mesin motor penggerak, sistem komunikasi, dan kamera video.

Riset pembuatan robot tersebut menghabiskan waktu lima tahun sejak tahun 2006 dan dana sebesar 4 juta dollar AS (atau sekitar berapa ya kalo di rupiahin??ribet juga ngitungnya..frenz itung sendiri aja deh kalo gitu :D).Lembaga riset dan pertahanan milik AS (DARPA) dikabarkan kini telah menggandeng dua afiliasi sebagai pendukung pengembangan teknologi ini, yaitu Monrovia dan AeroVironment Inc.



// oiya frenz,,kalo tiba-tiba besok ada burung kolibri mampir di pohon depan rumahnya mesti dicurigain tuh,,jangan-jangan dia lagi memata-matai jemuran frenz,,hehehe..lebeyyhh mode_on//

No comments:

Post a Comment