Sunday, September 11, 2011

F.C. United of Manchester, Klub Sepakbola Dari Kota Manchester

gambar dari google.co.id
Anda tahu Manchester United?, atau Manchester City?. Ya, saya yakin Anda tahu, atau minimal pernah mendengar dua klub sepakbola asal kota Mnchester, Inggris. Karena memang dua klub itulah yang sekarang ini sedang bersaing untuk menjadi yang terbaik di kota Manchester.

Tapi, apakah Anda pernah tahu atau mendengar F.C. United of Manchester?. Saya yakin masih banyak dari Anda yang belum atau tidak pernah mendengar klub sepakbola ini. Karena memang klub ini baru didirikan pada tahun 2005 yang lalu.

Pendirian klub F.C. United of Manchester sendiri dilatar belakangi oleh rasa kecewa para suporter Manchester United atas dikuasainya mayoritas saham MU oleh keluarga Glazer dari Amerika. Pada tahun 1991 United sempat menjadi perusahaan publik yang sahamnya diperjualbelikan secara bebas di Bursa Efek London. Nilai United diperkirakan sebesar £47 juta pada saat pertama kali sahamnya dicatatkan. Pada 16 Mei 2008 menjadi akhir semuanya, ketika itu keluarga keluarga Glazer mengambil alih kepemilikan klub setelah berhasil memiliki 75 persen saham Manchester United. Pada waktu itu, total nilai United telah melambung menjadi £800 juta. Kedatangan Keluarga Glazer itulah yang melatar belakangi berdirinya klub sepakbola F.C United of Manchester, karena sebagian suporter United melakukan protes keras dan sebagian dari mereka akhirnya membentuk klub sepakbola baru yang diberi nama FC United of Manchester.

Nah, dengan demikian jelas bahwa di kota Manchester bukan hanya ada Manchester United dan Manchester City, tapi juga ada F.C. United of Manchester, meski statusnya masih menjadi klub semi profesional. Untuk lebih jelas menhgenai klub ini, Anda bisa membacanya wikipedia.

No comments:

Post a Comment