Friday, March 18, 2011

Lapisan anti embun berhasil dibuat

Lapisan antiembun permanen telah ditemukan. Lapisan ini dapat digunakan pada kaca mata, lensa kamera, dan semua barang berpermukaan kaca atau plastik transparan.
“Embun yang tercipta di atas permukaan kaca bukanlah sebuah lapisan yang terus menerus muncul. Melainkan tetesan air yang bersatu di permukaan dan mengurangi cahaya yang masuk,” ungkap Profesor Gaetan Laroche dari Universite Laval, Quebec, Kanada. 
“Lapisan antiembun yang bagus haruslah mencegah bersatunya tetesan air tersebut,” tambahnya.
 
Peneliti menggunakan alcohol polyvinyl, sebuah komponen hidrofilik yang dapat membuat air menyebar. Tantangan dari penelitian ini adalah menemukan cara melekatkan komponen ini ke permukaan gelas atau plastik. Akhirnya, peneliti mencampurkan empat lapisan molekul yang membentuk sebuah ikatan yang cukup kuat. Hasilnya, lapisan yang tipis dan transparan yang tidak mengubah permukaan kaca atau plastik, walaupun sudah ditambah lapisan baru.

“Antiembun yang sudah ada sekarang tidak memiliki lapisan seperti ini dan harus dirawat berulangkali,” papar Laroche. “Tapi, lapisan yang kami miliki, permanen,” tegasnya.
Dua hak cipta telah melindungi penemuan ini. Negosiasi sedang dalam proses dengan perusahaan kaca mata besar untuk mendapatkan lisensi dari teknologi ini.


source : nationalgeographic.co.id

No comments:

Post a Comment