Saturday, March 5, 2011

ATLAS, robot era masa depan

ATLAS

Setelah menciptakan PETMAN yang berbentuk seperti manusia tanpa kepala dan BIGDOG robot, Boston Dynamics menciptakan robot tercepat di dunia, dengan model berbentuk seperti cheetah
Robot cheetah ini akan diberi nama ATLAS. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) di Amerika Serikat menginginkan robot ini bisa memanjat, melewati ruang-ruang sempit, dan  bisa bermanuver dengan lincah.

ATLAS diharapkan dapat menembus kecepatan 20-30 mil per jam--sesuai dengan penggambaran cheetah, yaitu kecepatan, meskipun belum mampu meniru kecepatan asli cheetah. Menurut Marc Raibert, Presiden dari Boston Dynamic, mengatakan bahwa pihaknya sampai sekarang masih berusaha menyamai kecepatan cheetah yang mencapai 60 hingga 70 mil per jam. 
 
"Tak ada alasan untuk tidak menyamai kecepatan asli, tapi butuh waktu untuk mencapai itu," kata Marc Raibert, presiden Boston Dynamics kepada Boston Herald.
DARPA membiayai program ini dengan tujuan untuk menciptakan sistem robot yang cepat dan mampu bergerak lincah. Prototipe ATLAS akan keluar sekitar 20 bulan lagi. 


source : nationalgeographic.co.id

No comments:

Post a Comment