Thursday, March 17, 2011

Konsumsi Ikan, Turunkan Risiko Kebutaan

Asam lemak omega 3 yang paling sering ditemukan pada ikan seperti salmon dan tuna dapat membantu mencegah timbulnya degenerasi makula terkait usia (AMD).

Degenerasi makula merupakan suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya penglihatan secara bertahap. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa konsumsi ikan 1-2 porsi dalam seminggu dapat mengurangi risiko kerugian penglihatan hingga 42% pada pria dan wanita dengan usia lebih tua.

"Ini risiko yang lebih rendah tampaknya, terutama disebabkan oleh konsumsi ikan tuna kaleng dan ikan berdaging gelap," jelas Dr William Christen, dari Harvard Medical School,seperti dilansir dari laman Telegraph.

Lebih dari 500.000 orang di Inggris menderita AMD yang disebabkan oleh kerusakan dan kematian sel-sel di makula, satu bagian dari retina yang digunakan untuk melihat lurus ke depan.

Penyakit, yang terutama efek orang berusia lebih dari 40, merampas penglihatan mereka dengan menciptakan bercak hitam di pusat penglihatan penderita yang secara perlahan akan lebih besar.

Sementara itu, tim di Harvard Medical School piggybacked pada studi lain menyebarkan kuesioner yang diberikan kepada lebih dari 38.000 perempuan untuk menilai kebiasaan makan peserta, termasuk berapa banyak asam lemak Omega-3 setiap wanita makan.

Selama masa tindak lanjut 10 tahun ke depan, sebanyak 235 perempuan yang berpartisipasi terkena degenerasi makula.

Wanita yang mengkonsumsi satu atau lebih porsi ikan seminggu, sekitar 42% lebih kecil kemungkinannya terkena kondisi tersebut daripada mereka yang makan kurang dari satu porsi ikan per bulan.

Sedangkan hasil penelitian lain menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi asam lemak Omega-3 yang ditemukan dalam ikan memiliki risiko lebih rendah hampir dua perlima atau 38% dari AMD, daripada mereka yang makan sedikit.

Omega 3, yang umum berbentuk dalam makanan eicosapentaenoic asam (EPA) dan asam Docosahexaenoic (DHA) juga dapat diambil sebagai suplemen.

"Secara ringkas, data prospektif dari populasi besar perempuan tanpa diagnosis AMD sebelumnya menunjukkan bahwa konsumsi secara teratur DHA dan EPA dan ikan secara signifikan mengurangi risiko insiden AMD," kata studi yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Ophthalmology .

Untuk asam lemak omega-6, asupan tinggi asam linoleat tetapi tidak asam arakidonat yang dikaitkan dengan peningkatan risiko degenerasi makula yang berkaitan dengan usia. Namun hubungan ini tidak bermakna setelah penyesuaian untuk faktor risiko lain.

No comments:

Post a Comment