Sunday, April 17, 2011

Tips mengingat nama rekan bisnis dengan cepat

What's in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet," begitulah Shakespeare mengibaratkan arti sebuah nama bagi seseorang. Nama hanya sebuah kata buatan manusia yang tak bermakna, tidak menentukan baik atau buruknya kualitas diri.

Namun pernyataan di atas mengenai nama tidak berlaku dalam dunia bisnis dan dunia kerja. Dalam dunia bisnis maupun kerja, nama memiliki arti yang sangat penting. Nama merupakan faktor penentu kesuksesan. Nama bisa menunjukkan kredibilitas seseorang, dan mengingat nama seseorang merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada orang tersebut.

 Jika Anda tidak mampu mengingat nama seseorang artinya Anda tidak menghargainya. Orang pun akan senang jika Anda mampu mengingat namanya. Karena mengingat nama orang lain adalah awal yang baik bagi sebuah hubungan yang lebih menguntungkan.

Mengingat sebuah nama mungkin bukan hal besar tapi sering kali menjadi hal yang paling merepotkan. Beberapa orang memiliki kelebihan dalam mengingat nama tetapi beberapa orang lainnya mengingat nama sama sulitnya dengan menghadapi deadline dalam pekerjaan.

Berikut beberapa tips untuk mengingat nama seseorang:

  •    1. Dengar dan simak.
      Cobalah untuk mendengarkan baik-baik saat Anda berkenalan. Berkenalan bukan hanya sekedar berjabat tangan, tersenyum dan berbasa-basi, tetapi lebih kepada hubungan yang akan dijalin untuk ke depannya. Sehingga jika Anda bertemu di tempat lain atau menjalin kerjasama bisa berjalan lancar.
  •    2. Ulangi namanya.
      Yakinkan diri bahwa Anda memperoleh nama yang benar saat pertama kali berkenalan. Ketika ia menyebutkan namanya saat perkenalan, ada baiknya Anda menyebutnya sekali lagi. Selain membantu mengingat, hal ini akan memudahkan dia untuk mengoreksinya namanya jika Anda salah sebut.
  •    3. Kenali ciri khas wajahnya.
      Setiap orang memiliki ciri masing-masing pada wajahnya. Maka saat perkenalan, perhatikan wajahnya, tentu saja tanpa bermaksud menyelidik. Kenali ciri-ciri yang khas pada dirinya misalnya tahi lalat di dagu atau matanya yang sipit.
  •    4. Kartu nama.
      angan hanya menjadikan kartu nama menjadi pengisi “name card holder”. Perhatikan baik-baik nama yang tertera pada kartu nama dan juga hal lainnya seperti nama perusahaan, nomor telepon, jabatan, dan alamat emailnya.
  •    5. Asosiasikan dengan objek tertentu.
      Akan lebih mudah jika Anda menghubungkan sebuah nama dengan hal lainnya. Misalnya nama Okta mungkin saja Ia lahir di bulan Oktober, Desi yang sering menggunakan mobil warna merah.
  •    6. Ucapkan nama dalam percakapan.
      Semakin sering diucapkan maka semakin mudah bagi Anda untuk mengingat nama kenalan Anda. Jangan lupa tataplah matanya dan dengarkan saat ia berbicara. Hal ini akan membuat kenalan Anda merasa dihargai.
  •    7. Tunjukkan dengan bahasa tubuh.
      Tunjukan pada kenalan Anda bahwa Anda tertarik berkenalan dan melakukan perbincangan dengannya dan berusaha menghafal namanya.
  •    8. Tutup pertemuan dengan menyebut namanya.
      “Senang bisa berkenalan dengan Anda, Pak Beni”. Menunjukkan jika Anda sudah benar mengeja, menyebut dan mengingat namanya, sekaligus menunjukkan penghargaan.

sumber

No comments:

Post a Comment