Saturday, April 9, 2011

Siapakah figur asli dibalik lukisan "monalisa"?

Wanita yang dipercaya menginspirasi lukisan Leonardo da Vinci Mona Lisa akan digali kuburannya. Peneliti Italia akan reka ulang wajah wanita Renaisans bernama Lisa Gherardini tersebut.
Perburuan kuburan akan dilaksanakan bulan depan di pusat kota Florence. Di sanalah Gherardini meninggal, tepatnya di biara bernama Sant'Orsola. Kini tempat itu adalah sebuah bangunan terbengkalai.

Radar tembus tanah, yang digunakan untuk melakukan survei, menemukan adanya ruang bawah tanah di bawah gereja yang terbengkalai. "Kami yakin Lisa Gherardini terkubur di sana," kata Silvano Vincenti, presiden organisasi National Committee for the Promotion of Historic nad CUltural Heritege.

Proyek ini bertujuan untuk mencari tulang si Mona Lisa dan melakukan rekonstruksi wajahnya menggunakan carbon dating, analisis DNA, dan teknik forensik. "Kami akan bandingkan DNA dalam tulang dengan DNA Bartolomeo dan Piero, anak-anak Lisa yang dimakamkan di gereja Santissima Annunziata di Florence," jelas Fransesco Mallegni, ahli antropologi dari Pisa. Sementara itu, hasil rekonstruksi wajah akan dibandingkan dengan lukisan Mona Lisa yang tergantung di Museum Louvre di Paris.

Lebih jauh lagi, rekonstruksi ini akan membuktikan teka-teki seputar identitas Mona Lisa. Beberapa spekulasi menyebutkan kalau pemilik senyum terkenal ini merupakan ibunda da Vinci, wanita bangsawan, pelacur, bahkan seorang pria. Beberapa teori juga menyebutkan kalau wanita dalam lukisan itu sedang hamil, bahkan sedang mengidap menyakit mulai dari lumpuh wajah sampai kertak gigi.

Gherardini adalah anggota keluarga bangsawan  yang menikah dengan pedagang kaya Franseco del Giocondo. Gherardini meninggal pada usia 63, empat tahun setelah suaminya meninggal. Dalam buku yang ditemukan Guiseppe Pallanti, yang mengadakan penelitian panjang tentang Mona Lisa, di arsip gereja, tertulis, "Lisa di Fransesco Del Giocondo minggal 15 Juli 1542 dan dimakamkan di Sant'Orsola."


sumber 

No comments:

Post a Comment