Tuesday, April 19, 2011

Enam Program Ekonomi Baru Presiden SBY

Berikut adalah enam prioritas program percepatan ekonomi oleh Presiden SBY yang pelaksanaannya dilakukan hingga 15 tahun kedepan. Program tersebut merupakan dasar bagi mendorong bergeraknya ekonomi daerah yang dampaknya adalah terbukanya lapangan kerja baru serta berkurangnya jumlah rakyat miskin.
  1. Ketahanan pangan. Sektor ini menempati posisi teratas sebab sangat besar peluang di masa depan terjadi krisis pangan global akibat bertambahnya jumlah penduduk ditambah dengan perubahan iklim yang mempengaruhi produksi pangan.
  2. Sektor energi, terutama ketersediaan energi listrik di seluruh wilayah. Perlu percepatan pengadaan pembangkit listrik yang berbasiskan sumber energi baru dan terbarukan seperti panas bumi di samping batubara dan pembangunan kilang minyak baru.
  3. Pengadaan infratruktur. Terutama pada pembangunan pelabuhan baru di luar Jawa, melanjutkan proyek jalan tol serta ruas penghubung baru yang sudah belasan tahun banyak tertunda dengan berbagai alasan.
  4. Pengadaan sarana transportasi laut dan udara yang efektif menghubungkan semua pulau. Melalui transportasi yang efektif, maka masyarakat di daerah terpencil dan terluar dapat memenuhi ketersediaan logistik mereka dengan harga terjangkau.
  5. Pembenahan kebijakan di sektor pembiayaan. Selama ini pemerintah sampai harus mencari dana dari luar negeri untuk membiayai pembangunan, sedangkan sumber dana di dalam negeri sebenarnya tersedia. Ini karena masyarakat masih lebih memilih menyimpan uang dibanding berinvestasi.
  6. Mendorong UMKM untuk berkembang. Perlu ada perlakuan tersendiri agar para pelaku UMKM tidak terpaksa harus berhadapan dengan pengusaha besar, sebab pasti mereka akan kalah dari segi sumber daya.
Referensi detikfinance.com

No comments:

Post a Comment