Minggu, 03 April 2011

5 Makanan Thailand yang nikmat sekaligus berbahaya

Dangerously fascinating
Dari salad pepaya dengan kepiting fermentasi sampai kerang darah, meski enak, makanan-makanan ini mampu meruntuhkan perut yang paling tahan pedas sekalipun.

Mereka yang datang ke Bangkok selalu diingatkan agar berjaga-jaga dan menyiapkan obat antidiare. Mereka juga harus berhati-hati terhadap makanan jalanan yang tidak bersih. Beberapa orang bahkan tak tega membayangkan makan gorengan dari pinggir jalan, khawatir akan rasa pedas masakan eksotis ini dan menyeringkan mereka ke belakang.

Tetapi tidak semua sakit perut yang terjadi di Bangkok adalah hasil dari makanan di jalan yang kotor. Sebaliknya, mengalami tong sia (terjemahan literalnya: perut rusak), yang masih sering dialami juga oleh penduduk lokal, adalah bukti bahwa Anda memakan makanan enak.

Inilah lima makanan Thai yang paling berbahaya sekaligus nikmat — kebanyakan tersedia di pasar-pasar di Bangkok.

som tum boo balad
Som tum boo balad
1. Som tum boo balad

 Nikmat sekaligus berbahaya. Bukan hal aneh jika Anda mendengar orang Thailand bercerita tentang tong sia paling mengesankan yang mereka alami setelah memakan hidangan ini. Penyebab tong sia paling utama adalah campuran salad pepaya dengan kepiting fermentasi.







kha gai super
Kha ga super
2. Kha gai super

 Bayangkanlah ini sebagai sup ayam yang super pedas dan asam, penuh dengan berbagai bumbu dan semua bagian ayam yang biasanya akan dibuang, seperti ceker. Kadang sup ini muncul dengan varian merah yang sama beraninya seperti rasanya.








Hoy khaeng luek
Hoy khaeng luek
3. Hoy khaeng luek

 Peringatan: Memakan kerang darah ini tanpa saus pedasnya akan menyinggung perasaan sesama pencinta makanan. Pilihlah yang segar dan hindari makan kerang yang disajikan dan belum terbuka. Kerang rebus berbumbu ini akan membuat Anda kerepotan saat memakannya — dan sesudah.







Gop kratiem pad kra pow
Gop kratiem pad kra pow
4. Gop kratiem pad kra pow

 Sebenarnya kra pow, hidangan dengan daun basil, adalah makanan standar yang bisa Anda temukan di setiap restoran. Tapi, Anda bisa membuat orang Thailand terkesan dengan menambah pesanan kodok goreng bawang. Penjual makanan di jalan akan menambahkan berbagai macam bumbu dan mungkin akan memberikan Anda tisu toilet gratis setelah Anda menghabiskan makanan ini.





Som tum hoy dong
Som tum hoy dong
5. Som tum hoy dong

 Rasanya seperti api dan tanpa ampun. Jika Anda sudah tahan dengan som tum boo balad, perut Anda mungkin siap untuk naik ke level berikutnya. Sebut saja nama salad pepaya campur kerang fermentasi ini dan lihatlah bagaimana orang-orang akan mengerutkan kening dan meneteskan air liur di saat bersamaan.
Jika Anda berani menghabiskan hidangan ini sekaligus, bon pemesanan makanan ini akan berguna sebagai catatan tambahan buat bos Anda saat Anda meminta izin tidak masuk karena sakit perut.




source

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...