Selasa, 24 Januari 2012

10 Tips Mengingat Nama Orang secara Online

Banyak orang yang mungkin kesulitan mengingat nama orang. Kalau secara offline, tips mengingat nama orang: saat kenalan mendengarkan namanya baik-baik; bila perlu mengulanginya lagi untuk memastikan nama yang anda dengar benar. Lalu selama berbincang sering-sering sebut namanya. Dan cari ciri khas yang bisa mengingatkan anda padanya.


Namun kalau mengingat nama secara online bagaimana?

Agak mirip, namun tentu saja tetap menggunakan internet sebagai medianya. Coba lakukan tips-tips berikut ini agar lebih gampang mengingat nama orang.

1. Sering-sering sapa. Anda bisa lakukan dengan chatting atau berkirim email.
2. Komentar di blognya, setiap komentar di blog sebut namanya. Anda singgung juga lewat artikel anda di blog.
3. Di email jangan lupa tambahkan signature. Jadi setiap anda mengirim email, nama anda pasti tertera di bawah surat.Ini membantu mengingatkan teman anda atas nama anda.
4. Gunakan facebook. Cari fotonya dan anda bisa lihat wajah orang yang baru anda ajak kenalan.
5. Perhatikan daftar kontak email. Kalau sedang buka daftar kontak email, perhatikan nama-nama yang ada dan ingat siapa dia.
6. Cari hal menarik darinya. Meski secara online, anda tetap bisa temukan hal paling menarik darinya. mungkin saja si A yang berfoto di suatu tempat yang juga pernah anda kunjungi. cara hal yang mudah mengaitkan antara anda dengannya.
7. Singkat namanya. Misal Dafid Riau menjadi Dari atau DR ; Mas Agus Siswoyodengan AS; atau Mas Andri Wiyasa dengan singkatan AW :)
8. Lakukan asosiasi. Contoh saat melewati hotel santika saya jadi ingat MasIrwan M Santika; waktu baca berita soal PBB saya jadi ingat Bu Yati Rachmatyang pernah kerja di PBB. :)

Dua tips tambahan berikutnya datang dari GoldenDynasis yang berkomentar di sinidan Mr Mung di sini.

1. Iya, susah juga ya menghafal nama-nama orang, apalagi kalau sudah ratusan. Tetapi, karena saya mencatat nama-nama anggota jaringan saya pada phone book saya, ya kalau SMS atau telp jadi kelihatan ingat… (Golden dynasis)
2. tapi untungnya ada catatan baik di buku maupun di laptop yg bisa membantu melacak siapakah ini gerangan. kalau gak ada di catatan, googling aja, biasanya ketemu namanya dan alamatnya. langsung dech bergaya sok kenal. hihi… (Mr Mung)

Bagaimana rekan-rekan? Ada yang mau menambahkan tips mengingat nama secara online?

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...